Manfaat Menari
Tarian Saman dari Aceh Indonesia

Selain menyenangkan aktivitas menari atau dance ini memiliki segudang manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Jadi, bagi Anda yang hobi menari berikut manfaat yang bisa diperoleh.

Manfaat Menari

  1. Mencegah pikun, hasil penelitian membuktikan bahwa menari akan melatih otak untuk lebih meningkatkan daya ingat, dan mencegah demensia. Karena saat menari beberapa fungsi otak berintegrasi secara bersamaan melibatkan kinestetik, rasional dan kepekaan.
  2. Kesehatan fisik lebih baik, sebagian gerakan tari akan dilakukan dengan aktivitas fisik secara keseluruhan. Sehingga apabila dilakukan secara rutin, akan sama seperti manfaat olahraga. Selain itu akan membuat tidur lebih nyenyak dan menurunkan risiko beberapa penyakit seperti diabetes dan jantung.
  3. Menurunkan berat badan, sebagian orang melakukan olahraga untuk menurunkan berat badan. Sama halnya seperti menari, aktivitas ini juga dapat membakar kalori lho!
  4. Mengurangi stres, ketika kita menari maka hormon endorfin atau hormon bahagia akan dilepaskan dari tubuh. Saat kita bahagia, maka stres pun berangsur hilang dengan sendirinya.
  5. Meningkatkan energi, dengan menari Anda akan dibuat lebih semangat dan aktif dikarenakn aktivitas fisik lebih banyak sehingga mengurangi letih, lesu serta tak bergairah. Bukan hanya itu, menari juga dapat meningkatkan kemampuan fokus yang lebih baik.
  6. Memperbaiki keseimbangan tubuh, menari akan membuat postur tubuh menjadi lebih baik. Jadi, apabila sering dilakukan akan membantu mengontrol keseimbangan tubuh yang lebih baik pula.
  7. Tubuh lebih lentur, aktivitas menari selalu melibatkan seluruh bagian tubuh, baik tubuh bagian atas ataupun bawah. Hal tersebut meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot juga kelenturan tubuh. Selain itu dengan menari dapat mengurangi nyeri sendi dan pegal.
  8. Menangkal penyakit virus, menari juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga dapat mengurangi terhadap penyakit virus ringan seperti flu.

Baca juga: Pendidikan Selalu Membuka Diri Pada Pengetahuan Baru

Berbahagialah bagi Anda yang memiliki hobi menari atau dance. Karena apabila dilakukan terus-menerus akan memberikan begitu banyak dampak positif. Penggabungan aktivitas fisik, interaksi sosial, ekspresi dan emosional ini sangat memberi manfaat bagi kesehatan. Yuk, tunggu apalagi mari menari sudah bahagia, sehat pula.