Manfaat Minyak dan Gas Bumi
Beritapapua.id - Manfaat Minyak dan Gas Bumi Dalam Keseharian Kita

Manfaat minyak dan gas bumi tentu saja juga menjadi sangat penting dalam dunia industri, tidak hanya dalam lingkup rumah tangga. Hasil lain dari pengelolaan minyak bumi bisa kita lihat dalam industri transportasi seperti pesawat terbang yang menggunakan avtur sebagai bahan bakar, kemudian kereta listrik, atau bahkan untuk mengisi bahan bakar mobil, motor, hingga ke pembuatan jalan aspal yang mempermudah perpindahan kita dari satu tempat ke tempat lain.

Teori penciptaan manusia masih selalu menjadi tanda tanya besar hingga abad ini. Beragam aliran maupun keyakinan muncul tentang manusia. Salah satu yang sangat terkenal adalah teori evolusi Charles Darwin yang asal-usul manusia berasal dari simpanse.

Begitu pun penciptaan alam atau dunia dengan segala sumber daya nya. Kita meyakini bahwa alam telah menyediakan apapun yang dibutuhkan oleh umat manusia untuk bertahan hidup dan mencukupi segala kebutuhan.

Baca juga: Kabupaten Raja Ampat Surga Tersembunyi Bumi Papua

Sumber Daya Alam

Sumber daya energi yang dihasilkan oleh alam salah satunya menjadi kebutuhan kita dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Mulai dari kebutuhan paling dasar pada setiap orang yakni kebutuhan fisiologis untuk mempertahankan hidup nya secara fisik, seperti kebutuhan akan makanan, minuman, dan tempat berteduh. Seiring berkembangnya zaman, maka kebutuhan manusia semakin meluas hingga urusan komunikasi dan transportasi.

Salah satu sumber daya alam yang dibutuhkan untuk mampu memenuhi kebutuhan tersebut adalah minyak dan gas bumi. Ada yang wujudnya berupa cairan maupun gas. Secara ilmiah, minyak dan gas bumi teridentifikasi memiliki unsur senyawa yang kompleks. Unsur utamanya adalah atom hidrogen (H) dan karbon (C), sehingga dalam ilmu kimia disebut dengan senyawa hidrokarbon (CxHy).

Manfaat Minyak dan Gas Bumi

Dalam kebutuhan sehari-hari, kita menggunakan minyak dan gas bumi melalui banyak cara. Salah satu nya ketika kita memasak menggunakan kompor gas, kita membutuhkan LPG untuk bisa menyalakan kompor. Atau ketika kita hendak menggunakan diesel, kita membutuhkan bahan bakar untuk menyalakan alat tersebut. Selain kebutuhan di atas, kita juga kerap menemukan produk rumah tangga yang menggunakan hasil olahan minyak bumi seperti tinta, detergen, sabun, cat, pestisida dan lainnya.