Manfaat Penggunaan Essence dan Perbedaan Antara Serum
Manfaat Penggunaan Essence dan Perbedaan Antara Serum

Manfaat Penggunaan Essence, Sejenis Serum? – Banyak jenis skincare yang digunakan di dunia kecantikan. Namun, masih banyak yang bingung dalam membedakan produk-produk skincare tersebut termasuk para wanita.

Terutama jika produk skincare tersebut memiliki tekstur yang hampir sama dengan produk skincare lainnya. Contohnya adalah membedakan essence dan serum. Masih banyak yang menganggap jika produk kecantikan asal Korea ini adalah produk yang sama. Walaupun produk-produk skincare ini jika digunakan secara rutin dapat bermanfaat, tapi tidak jarang pula manfaat tersebut jadi tidak maksimal karena masih banyak yang belum mengerti penggunaan yang tepat dari produk-produk tersebut.

Walaupun terlihat sama, namun tekstur essence lebih cair dan formulanya yang lebih ringan dibandingkan dengan serum. Essence biasanya digunakan untuk melembabkan dan mencerahkan kulit. Biasanya dipakai setelah menggunakan hydrating toner. Kadar zat aktif yang terkandung dalam serum lebih tinggi jika dibandingkan dengan essence. Serum biasanya digunakan sebagai produk treatment untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit seperti, mencegah tanda-tanda penuaan, mengurangi flek hitam, menghilangkan bekas jerawat, dan masih banyak lagi. Tekstur serum biasanya agak kental namun mudah menyerap kedalam kulit.

Perbedaan Serum

Baca juga: Cara Pemakaian Toner, Memilih Dan Manfaat Menggunakan Toner

1. Essence

Biasanya bertekstur lebih cair seperti toner namun tingkat konsentrasi seperti serum. Essence dapat digunakan sebagai langkah awal fase perawatan setelah memakai toner, sebelum memakai serum. Setelah mencuci muka, kulit masuk ke kondisi tidak seimbang, dan mungkin terasa seperti kering atau kencang. Pada fase inilah essence berperan untuk menormalkan dan menyeimbangkan kembali dengan cara menghidrasi kulit dan mempersiapkan kulit untuk menyerap serum dan moisturizer.

2. Serum

Mempunyai kegunaan yang lebih spesifik pada kulit. Serum digunakan untuk memperbaiki masalah-masalah kulit tertentu seperti keriput, garis halus, jerawat atau hiperpigmentasi. Serum mempunyai bahan aktif yang lebih kuat dibandingkan dengan krim. Dalam beberapa kasus, bahan aktif serum saling melengkapi krim, sehingga memaksimalkan kondisi keduanya. Partikel serum lebih halus dari moisturizer sehingga menyerap hingga ke lapisan kulit. Serum dipakai setelah membersihkan wajah dan menggunakan toner dan sebelum menggunakan moisturizer.

Manfaat Penggunaan Essence

Baca juga: Sejarah Halo-Halo Bandung Lautan Api

1. Melembabkan kulit wajah

Kandungan bahan aktif yang tinggi di dalamnya membuat essence dapat menutrisi dan melembabkan kulit wajah sehingga wajah akan tampak halus da sehat.

2. Mencegah kulit kering dan iritasi

Seiring bertambahnya usia, lapisan kulit wajah terluar akan berkurang kadar kelembabannya. Hal tersebut memicu kulit kering dan iritasi. Produk essence akan mengatasi permasalahan tersebut.

Baca juga: Cara Alami Menghilangkan Komedo dan Penyebab Komedo Membandel

3. Membantu penyerapan produk lainnya

Essence mempersiapkan kulit wajah agar dapat menyerap produk skincare yang lainnya seperti, serum, pelembab, dan krim wajah.

4. Mencegah penuaan dini

Kulit terluar wajah biasanya rentan terpapar debu, polusi, dan bakteri. Jika dibiarkan maka akan rentan mengalami penuaan dini. Penggunaan essence secara teratur dapat membantu melindungi lapisan terluar kulit wajah dan mencegah penuaan dini