Manfaat Teh Daun Sukun Mampu Sembuhkan Berbagai Penyakit
Ilustrasi teh daun sukun (foto : istimewa)

Manfaat Teh Daun Sukun Mampu Sembuhkan Berbagai Penyakit – Umumnya, teh berasal dari tumbuhan teh. Para peramu teh membuatnya dengan cara mengeringkan daunnya kemudian menyeduhnya. Namun, tahukah Anda bahwa kita dapat menyeduh daun sukun layaknya teh?

Pohon sukun (artocarpus altilis) ternyata tak hanya bermanfaat buahnya saja. Namun, daunnya pun punya khasiat. Menurut penelitian dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), daun sukun mengandung zat baik bagi tubuh.

Tjandrawati, peneliti dari LIPI, menemukan kandungan flavonoid, riboflavin, dan sitosterol. Itu adalah zat yang mampu memberikan efek baik pada tubuh. Misalnya, mengurangi peradangan hingga mencegah kerusakan sistem kardiovaskuler.

Inovasi teh dari daun sukun berasal dari mahasiswa dan alumni Universitas Gadjah Mada. Mereka membuat teh tradisional, tanpa sistem celup sebagaimana teh modern. Tujuannya, agar daun sukun tetap berada pada air ketika kita minum. Sehingga, kandungan yang terdapat padanya lebih maksimal.

Bagaimana Cara Meramu Daun Sukun Menjadi Minuman?

Caranya cukup sederhana. Pertama, bersihkan daun sukun yang masih segar dan ambil bagian tulangnya. Kemudian, jemur daun tersebut selama 3 hingga 4 hari.

Selanjutnya, jika daun masih cukup halus, kita bisa masukkan ke oven agar lebih kering. Hal ini agar zat dari daun tersebut hilang. Setelah mendapatkan daun yang cukup kering, maka pasalnya daun sukun sudah dapat kita seduh.

Baca Juga : Sambut Ramadhan, Paduan Suara Gereja Papua Berselawat

Mengutip dari laman LIPI, Produksi teh sukun ini berada pada Dusun Dukuhsari RT 07 RW 02, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ide ini muncul sebagai Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) UGM tahun 2013 lalu.

Mereka mengklaim bahwa kandungan dari teh sukun mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Misalnya, penyakit jantung, ginjal, darah tinggi, menurunkan kolesterol, anti inflamasi serta diabetes.

Benarkah Teh Sukun Berkhasiat Baik?

Tentu, masih ada sebagian orang yang mempertanyakan perihal khasiat teh sukun. Mengutip alodokter, khasiat teh ini masih perlu penelitian lebih lanjut. Menurut dr. Sepriani, belum ada penelitian ilmiah lebih jauh perihal khasiat teh sukun.

Adapun terdapat sejumlah penelitian antara kandungan daun sukun kepada tikus. Pertama, penelitian dari dari Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan tikus sebagai media uji kandungan teh sukun.

Berdasarkan penelitian tersebut, serbuk sukun mampu menurunkan kolesterol. Penambahan serbuk sukun pada minyak goreng berpengaruh pada kadar glukosa. Kemudian, zat itu mampu menormalkan kadar kolesterol darah tikus.

Selanjutnya, penelitian dari Universitas Airlangga, Surabaya, tentang pengaruh ekstrak daun sukun pada gigi tikus. Hasilnya, ekstrak daun sukun mampu melindungi gigi dari infeksi mikroorganisme, seperti virus, bakteri, dan jamur.

Namun, menurut dr Sepriani menyebutkan bahwa masih butuh sejumlah penelitian tentang khasiatnya pada manusia.

Bagaimana, pernah mengicip teh sukun?