Manfaatkan Fasilitas Taman Kota sebagai Lokasi Olahraga
beritapapua.id - Ilustrasi kegiatan olahraga di taman kota. (Foto: Istimewa)

Olahraga atau olah tubuh yang rutin menjadi salah satu syarat untuk hidup sehat. Selain hidup sehat, olahraga juga membantu kalian untuk memperoleh berat badan yang ideal. Olahraga sendiri sebenarnya tidaklah sulit, yang sulit adalah mengumpulkan niat untuk melakukannya ditengah kemudahan era modern ini.

Olahraga di rumah biasanya akan membuat kita terlalu sering istirahat karena kemudahan akses ke segala hal, kecuali memang sudah memiliki niat yang benar-benar kuat. Karena itu, ada baiknya melakukan olahraga outdoor sesekali, misalnya saja di taman kota.

Dalam website Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimta), taman kota adalah taman yang berada di lingkungan perkotaan dalam skala yang luas dan dapat mengantisipasi dampak-dampak yang ditimbulkan oleh perkembangan kota dan dapat dinikmati oleh seluruh warga kota.

Sayangnya, masih banyak taman kota yang digunakan masyarakat melenceng dari fungsinya. Di beberapa taman kota bahkan sering kali ditemukan botol minuman keras (miras). Hal tersebut tentunya sangat disayangkan karna bertentangan dengan fungsi sosial taman kota.

Baca Juga: Sejumlah Anggota DPR Papua Temui Pengunjuk Rasa di Waena

Pemerintah sudah membangun taman kota agar dapat memiliki fungsi maksimal yang akan membantu warga kota melakukan kegiatan positif di sana. Taman kota sendiri memiliki fungsi ekologis, dengan adanya penghijauan taman kota menjadi salah satu tempat penghasil oksigen. Selain itu ada juga fungsi sosial, dimana taman kota dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk berkumpul bersama teman. Di samping itu taman kota juga dapan dimanfaatk untuk bertemu orang-rang baru, rekreasi, bermain, ataupun sarana olahraga.

Olahraga Outdoor untuk Membangkitkan Semangat

Untuk kalian yang tertarik untuk berolahraga di luar ruangan, ada banyak macam olah tubuh outdoor yang bisa kalian lakukan. Olah tubuh ini bisa kalian lakukan tanpa memerlukan alat tambahan, seperti misalnya jogging, lari, yoga dan masih banyak lagi.

Untuk kalian yang berolahraga di taman kota, beberapa taman kota menyediakan alat fitness outdoor sederhana yang bisa digunakan untuk berolahraga. Selain itu juga tersedia lapangan olahraga seperti lapangan umum, dalam artian bisa digunakan untuk berbagai jenis kegiatan olahraga, seperti bermain bulutangkis, tenis, basket, volley dan lainnya. Ini bukti bahwa pemerintah benar-benar berupaya dalam memaksimalkan taman kota sebagai salah satu sarana yang bisa digunakan oleh warga kota untuk kegiatan positif.