Mark Zuckerberg Bakal Calon Presiden Amerika Serikat?
beritapapua.id - Mark Zuckerberg Bakal Calon Presiden Amerika Serikat? - Teknologi.id

Chief Executive Officer (CEO) sekaligus pendiri Facebook, Mark Zuckerberg disebut akan mencalonkan diri sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) di masa yang akan datang. Kabar ini dihembuskan Presiden AS saat ini, Donald Trump dalam sebuah wawancara. Spekulasi ini juga merebak di kalangan pengguna Facebook. Banyak yang mendukung apabila wacana Zuckerberg maju untuk jadi Presiden AS dapat terealisasi. Namun banyak juga pengguna Facebook yang mengkritik CEO Facebook tersebut karena sudah mulai terlibat dalam politik.

Di awal tahun 2020, Zuckerberg pernah menulis bahwa dia berencana untuk mengunjungi setiap orang di setiap provinsi di AS. Dia juga mengatakan bahwa dia ingin mendengarkan opini orang-orang dari berbagai daerah. Rencana ini dituliskan di akun Facebook Mark Zuckerberg. Postingan ini juga disertai oleh beberapa foto yang ternyata diambil oleh seorang fotografer profesional, Charles Ommanney. Charles adalah fotografer yang dipakai George Bush dan Barrack Obama untuk kampanye mereka.

Zuckerberg sendiri tercatat memiliki keyaan sebesar USD85,4 miliar. Tentu dengan kekayaan yang dimilikinya, dia tidak akan menemui kesulitan soal dana kampanye. Zuckerberg juga merupakan sosok yang sangat populer di AS. Dia memiliki beberapa yayasan sosial yang difokuskan untuk membantu orang miskin dan juga untuk pengembangan riset dan teknologi, seperti Chan Zuckerberg Intiative.

Baca Juga: Masjid Akan Kembali Dibuka, Ini Aturan Salat Berjamaah di Masjid

Dibantah Oleh Berbagai Pihak

Dikutip dari thesun, orang terdekat Zuckerberg yang tidak ingin disebutkan identitasnya mengatakan bahwa rencana ini tidak memungkinkan untuk dilakukan Zuckerberg. Dia mengatakan bahwa Zuckerberg memang memiliki keinginan kuat untuk lebih bersuara terutama soal politik, namun Zuckerberg tidak mempunyai niatan untuk meninggalkan Facebook.

Seorang reporter untuk thenation, Jake Bittle mengatakan bahwa Zuckerberg tidak akan pernah jadi Presiden AS. Dia beralasan bahwa Zuckerberg adalah CEO Facebook yang memiliki berjuta-juta data di seluruh dunia melalui media sosial Facebook. Facebook juga memiliki riwayat browsing, struktur muka, pola penggunaan akun Facebook, dan hal-hal lainnya yang bisa berpotensi untuk disalahgunakan apabila Zuckerberg memutuskan untuk maju jadi Presiden AS.

Dilansir dari kompas, jumlah pengguna Facebook di tahun 2019 adalah sebanyak 2,45 miliar di seluruh dunia. Jumlah ini setara dengan seperempat dari populasi dunia.