Ma'ruf Amin: Kita Harapkan Pelayanan Lebih Masif Kepada Masyarakat Papua
beritapapua.id - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin. (Foto: ANTARA/HO-BPMI Setwapres)

Wapres Ma’ruf Amin bicara terkait percepatan pembangunan setelah Rancangan Undang-Undang (RUU) Provinsi Papua Barat Daya menjadi Undang-Undang (UU) resmi disahkan oleh DPR RI.

Ma’ruf berharap dengan terbentuknya provinsi Papua Barat Daya, pelayanan terhadap masyarakat lebih masif. Provinsi ini menambah 3 provinsi lain di Papua yaitu Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Pegunungan.

“Kalau dulu di Papua satu provinsi, sekarang empat provinsi, Papua Barat dua provinsi, kita harapkan pelayanan lebih masif kepada masyarakat. Itu kunci proses upaya percepatan pembangunan Papua. Rencana induk percepatan otonomi khusus Papua,” ujar Maruf saat mengunjungi galeri batik di Kota Semarang, Jumat (18/10).

Ia menjelaskan, pemerintah akan segera melantik Pj Gubernur Papua Barat Daya agar Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) bisa segera dibuat.

Baca Juga: Erick Thohir: KCJB Sudah Berhasil Menyerap Banyak Tenaga Kerja Lokal

“Jika sampai tertinggal dan Perppu tidak dibarengkan dengan yang lain, bisa mundur sampe 2025. Kita ingin bareng tiga provinsi baru di Papua dan satu di Papua Barat,” ujar Maruf.

Ia berharap, selain kesejahteraan masyarakat meningkat, pemekaran provinsi di Papua ini juga akan memberikan dampak positif bagi kondisi keamanan di sana.

“Nah, pemekaran ini diharapkan jadi game changer untuk penyelesaian di Papua dalam rangka mempercepat kesejahteraan dan keamanan di Papua,” pungkasnya.