Ma'ruf Amin: Pemerintah Berkomitmen Percepat Pembangunan Papua
beritapapua.id - Wapres Republik Indonesia KH Ma'ruf Amin saat menutup pagelaran PON XX Papua tahun 2021. (foto: Twitter/Ma'ruf Amin)

Wakil Presiden, Ma’ruf Amin mengatakan pemerintah punya komitmen kuat mempercepat pembangunan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Komitmen ini terlihat setelah pemerintah membuktikannya dengan menerbitkan berbagai kebijakan afirmasi.

Ia juga mengatakan pemerintah akan terus meningkatkan kesejahteraan, pembangunan dan serta menjadikan Papua aman.

“Pemerintah akan terus melanjutkan pembangunan seperti yang sudah digariskan terkait dalam inpres maupun undang-undang untuk meningkatkan kesejahteraan dalam bingkai NKRI, untuk menjadikan Papua aman dan sejahtera,” kata Ma’ruf pada, Senin (1/11/2021).

Ma’ruf juga mengatakan pemerintah telah menangani sebaik-baiknya fungsi konstitusional untuk pembangunan Papua dan Papua Barat.

Dan terkait dengan kondisi keamanan di Papua, ia mengatakan situasi setempat sudah dalam keadaan aman. Hal ini juga terlihat setelah adanya suksesnnya penyelenggaraan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX beberapa waktu lalu.

Ia berharap keamanan dan kondisi yang kondusif bisa berjalan seterusnya. Apalagi Papua juga akan kembali menjadi tuan rumah pada penyelenggaran Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI.

“Pada saat ini, situasi di Papua sudah dalam keadaan aman, terkendali dan kondusiif. Acara PON XX kemarin juga berlangsung dengan sukses dan Papernas (Pekan Paralimpiade Nasional) XVI yang akan dimulai 5 (November) juga akan berlangsung aman dan terkendali,” kata Ma’ruf menjelaskan.

Menjaga Kondisi Keamanan

Ma’ruf meminta Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, berkoordinasi dengan baik bersama TNI, Polri dan Badan Intelijen Negara, untuk menjaga kondisi keamanan lebih lanjut.

Ia berjanji pemerintah hadir menangani masalah keamanan di Papua dengan sebaik-baiknya. Negara tidak akan diam dengan aksi kekerasan di Papua.

Baca Juga: Tokoh Masyarakat di Kabupaten Intan Jaya Kritik Kinerja DPR Papua

“TNI, Polri, BIN akan terus melakukan tugasnya untuk melindungi warga sipil dan melakukan pengegakan hukum dan keamanan,” katanya.

Terkait dengan kondisi pengungsia di Papua, ia juga telah meminta kepada Menteri Kesehatan, Budi Sadikin dan Menteri Sosial, Tri Rismaharini saling berkoordinasi untuk menangani pengungsi di Papua.

“Kami menugaskan menteri sosial dan menteri kesehatan untuk melakukan penanganan terhadap pengungsi dengan sebaik-baiknya, mengenai kesehatan, sosial dan dapur umumnya. Kemensos dan Kemenkes harus segera mengambil langkah,” ujarnya.