Maskapai Penerbangan Wings Air Membuka Rute Penerbangan Baru di Papua Barat
beritapapua.id - Wings Air. (Foto: Wikipedia)

Maskapai penerbangan Wings Air membuka rute penerbangan baru di Provinsi Papua Barat. Dalam rute baru itu maskapai penerbangan Wings Air akan membuka rute dari Manokwari-Fakfak-Manokwari dan Manokwari-Kaimana-Manokwati.

Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan, penerbangan rute baru itu akan mulai berjalan pada 8 Juni 2022.

“Penerbangan Wings Air dalam upaya mendukung kemudahan mobilisasi (pergerakan) masyarakat, wisatawan, pebisnis, dan sektor logistik. Hal ini sejalan menyokong program pemerintah dalam percepatan pemulihan perekonomian menggunakan transportasi udara,” katanya dalam rilis kepada media ini, Kamis (02/06/2022).

Danang menjelaskan, penerbangan rute Kaimana melalui Bandara Utarom ke Bandara Rendani Manokwari setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat.

Selanjutnya dari Bandara Rendani Manokwari tujuan Bandara Torea Fakfak setiap hari Senin, Rabu, Jumat.

Kemudian dari Bandara Torea Fakfak ke Bandara Rendani Manokwari pada setiap hari Selasa, Kamis, Sabtu. Sementara penerbangan dari Bandara Rendani Manokwari ke Bandara Utarom pada setiap hari Selasa, Kamis, Sabtu.

“Wings Air mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan koordinasi dari pemerintah pusat, regulator, pengelola bandar udara di Manokwari, Kaimana, dan Fak-Fak, pengatur lalu lintas udara–AirNav Indonesia, karyawan, dan awak pesawat serta berbagai pihak terkait lainnya dalam mendukung kelancaran penerbangan penumpang yang aman, nyaman, dan selamat,” katanya.

Danang menjelaskan bahwa Wings Air menawarkan konektivitas semakin mudah dari setingkat kabupaten menuju ibukota provinsi dan dapat dilanjutkan penerbangan ke kota-kota lainnya. Masyarakat, wisatawan, dan pebisnis mendapatkan nilai tambah karena dapat mempersingkat waktu, mendekatkan jarak, efektif dan aman.

“Kota tujuan yang saling terkoneksi meliputi Sorong, Jayapura, Wamena, Dekai, Timika, Biak, Merauke, Ambon, Ternate, Manado, Palu, Makassar, Kendari, Lombok, Bali, Kupang, Labuan Bajo, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Bandung, Jakarta, Pontianak, Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Medan, dan destinasi lainnya,” sebutnya.

Berkapasitas 72 Tempat Duduk

Menurutnya Wings Air telah mempersiapkan armada tipe pesawat ATR 72-500 atau ATR 72-600 berkapasitas tempat duduk 72 kelas ekonomi.

Wings Air penerbangan rute tersebut di intra-Papua Barat sudah standar operasional prosedur dengan tetap mengedepankan aspek keselamatan, keamanan (safety first). Selain itu yang tidak kalah penting adalah selalu menerapkan pedoman protokol kesehatan.

Baca Juga: Kamtibmas Polda Papua Sebut Unjuk Rasa di Papua Berlangsung Aman dan Kondusif

“Kualitas udara segar (fresh) terus menerus dipasok dengan tingkat pembaruan volume udara kabin yang tinggi, selalu diperbaharui dalam waktu 5-7 menit yang menjamin udara dalam kabin tetap segar, sehingga siklus udara terjamin bersih. Aliran udara dari atas bergerak satu arah ke bawah, yang meminimalkan pergerakan udara ke depan dan arah belakang pada kabin,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan bahwa Wings Air telah memaksimalkan berbagai langkah demi kenyaman para penumpang. Salah satunya adalah mengatur proses masuk dan keluar penumpang dari pesawat udara secara berurutan guna meminimalkan kepadatan.

Hal ini akan meminimalisir interaksi bertatapan langsung (face to-face) antara penumpang. Area dapur (galley) yang terletak di bagian belakang juga meminimalkan interaksi tatap muka antara penumpang dan awak kabin.

“Untuk menjaga kesehatan dan keselamatan penerbangan, Wings Air juga telah meningkatkan fase sterilisasi seluruh armada. Proses pembersihan pesawat dilakukan oleh tim teknisi dan aircraft interior exterior cleaning (AIEC),” tukasnya.