Masyarakat Adat Korowai Ingin Dapatkan Izin Penambangan Rakyat
Masyarakat Adat Kampung Kawe, Distrik Awimbon, Kabupaten Pegunungan Bintang bertemu anggota DPR Papua, John NR Gobai (foto : jubi.co.id)

Masyarakat adat Korowai, ingin wilayahnya mendapat izin penambangan rakyat, agar mereka bisa mengelola kekayaan alamnya. Dalam hal ini juga masyarakat adat inginkan agar mereka bisa menjadi tuan di atas tanah wilayah mereka.

Keinginan itu beberapa masyarakat adat Korowai sampaikan saat ada moment bertemu dengan anggota DPR Papua, John NR Gobai, Rabu (21/4/2021).

Ketua Koperasi Sinar Kasih di Kampung Kawe, Distrik Awimbon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Daum Subumto mengatakan, selama ini wilayah Korowai salah satu satu daerah di Papua yang memiliki potensi sumber daya alam emas.

“Akan tetapi, masyarakat adat tidak leluasa mengelolanya karena belum ada izin penambangan rakyat,” kata Subumto yang dilansir dari Jubi.

Ia berharap, dengan adanya potensi tambang di daerah mereka, daerah itu dapat ditetapkan sebagai wilayah pertambangan rakyat.

Berharap Memperoleh Izin Penambangan Rakyat Melalui Koperasi

Katanya, dengan begitu melalui Koperasi Sinar Kasih, masyarakat di sana dapat mengelola sumber daya alamnya.

“Kami harap dapat memperoleh izin pertambangan rakyat melalui koperasi agar kami bisa

Baca Juga : Jelang Libur Idulfitri Papua Barat Rancang Skenario Lockdown

mengelola kekayaan alam kami. Menjadi tuan di atas tambang di wilayah adat kami,” ujarnya.

Sementara itu, John Gobai mengatakan selama ini pihaknya selalu berupaya mendorong izin tersebut di wilayah, yang memiliki sumber daya alam.

Upaya itu ia lakukan, tidak hanya ketika ia menjadi anggota DPR Papua mekanisme pengangkatan, periode 2014-2019 atau periode 2019-2024.

Akan tetapi, sebelum Gobai duduk di DPR Papua, ia terus mendesak para pihak terkait mengeluarkan izin penambangan tersebut di wilayah tertentu.

Sebab selama ini ia aktif mengadvokasi masalah tanah dan hutan ulayat, masyarakat adat yang beralih fungsi untuk pertambangan, perkebunan dan lainnya.

“Selama ini, kita terus mendorong penetapan wilayah pertambangan rakyat di sana, dan berbagai wilayah lain di Papua,” kata Gobai.

Menurutnya, dengan begitu koperasi milik masyarakat adat dapat memperoleh izin tersebut sesuai dengan undang-undang.

“Masyarakat adat Korowai yang ada di wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang, kini memperjuangkan agar wilayahnya yang memiliki potensi tambang, diberikan izin penambangan rakyat. Kami pasti dukung itu,” ujarnya.