Matoa
Beritapapua.id - Matoa, Buah Langka Khas Daerah Papua

Pernah dengar buah Matoa? Mungkin sebagian besar masih asing dengan jenis buah ini, padahal Matoa ini adalah salah satu buah asli dari Indonesia. Pohon Matoa yang tingginya bisa sampai 18 meter ini banyak ditemui di daerah Papua. Karena sifatnya yang dapat tumbuh baik di semua wilayah, baik di dataran rendah maupun tinggi menjadikan Matoa dapat ditemukan di beberapa daerah lainnya seperti Sulawesi, Maluku, Sumatera bahkan Pulau Jawa.

Buah Matoa memiliki bentuk lonjong menyerupai telur puyuh dan bisa sampai sebesar buah pinang. Kuitnya lebih mirip seperti kulit buah markisa namun lebih tipis. Hijau warnanya jika belum matang dan akan berwarna marun kecoklatan jika sudah matang. Daging buah ini bertekstur kenyal, bening dan berair seperti buah kelengkeng. Yang membuat buah ini unik adalah rasanya terdiri dari campuran buah kelengkeng, rambutan, dan durian.

Baca juga: Taman Nasional Lorentz, Taman Nasional Terbesar di Asia Tenggara

Tidak hanya unik dengan rasanya, buah Matoa juga memiliki beberapa khasiat bagi tubuh manusia antara lain:

1. Bantu Penuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Buah ini kaya akan vitamin C yang berguna untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh dan vitamin E yang dapat membantu memelihara kesehatan kulit dan kesuburan pria. Dalam buah ini juga terkandung pola mineral seperti kalsium dan kalium yang baik bagi pertumbuhan tulang juga gigi.

2. Buah Matoa Bantu Menangkal Penyakit Kronis

Manfaat buah Matoa lainnya adalah menangkal penyakit kronis seperti penyakit jantung, struk dan diabetes. Ini dikarenakan pada buah ini juga ditemukan Zat Tanin yang mengandung anti oksidan dan berperan penting dalam melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

3. Buah Matoa Manjur Untuk Melawan Kuman Penyakit

Yuk, makan buah Matoa jika ingin terhindar dari penyakit infeksi seperti infeksi saluran nafas dan saluran kemih, karena buah ini mampu mencegah kuman penyakit masuk dan tumbuh di dalam tubuh.

4. Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Buah khas papua ini juga mampu membantu mengendalikan tekanan darah tinggi, bahkan tak hanya daging buahnya saja, ekstrak dari biji dan daunnya terbukti bisa membantu menurunkan darah tinggi.

Sekarang kita bahas harganya ya, karena masih tergolong langka di Pulau Jawa buah yang memiliki banyak khasiatnya ini bisa dibandrol dengan harga Rp. 50.000 – Rp. 70.000/kg. Memang tergolong mahal jika dibandingkan buah lainnya, tetapi akan sangat terbayar dengan rasanya yang unik juga banyaknya khasiat yang dimilikinya.

Nah itulah buah Matoa atau Pometia Pinnata khas Papua beserta khasiatnya. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba rasanya? Atau bahkan malah tertarik untuk membudidayakannya?