Matoa Dan Peringatan Hari Pers Nasional
beritapapua.id - Matoa Dan Peringatan Hari Pers Nasional - Forest and Kim Starr

Matoa Dan Peringatan Hari Pers Nasional – Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan menyebut wartawan adalah orang-orang yang kreatif karena para wartawan  bisa datang membawah bibit pohon, pohon yang menghasilkan buah, rambutan, mangga, matoa, yang bisa ditanam di sekitar tugu Tuhan Yesus di Pulau Mansinam. Salah satunya adalah buah Matoa.

Buah Matoa merupakan buah dari sebuah tanaman khas Indonesia, khususnya wilayah Indonesia timur, seperti Papua dan Maluku. Buah manis ini lahir dari tumbuhan berakar tunggang, berbentuk pohon dengan ketinggian 20-40 meter dan diameter maksimum mencapai 100 centimeter.

Baca Juga: Pembangunan Bandara Baru Untuk Tiga Wilayah Di Papua

Matoa Sebagai Pelengkap Hari Pers Nasional

Pohon matoa yang bernama latin Pometia pinnata sendiri berbunga sekali dalam setahun. Yaitu antara bulan Juli hingga Oktober dengan masa matang sekitar 4 bulan. Tumbuhan ini tumbuh baik di semua wilayah, baik dataran rendah atau tinggi, yang pasti Matoa merupakan tanaman tropis yang hidup di daerah dengan curah hujan tinggi.

Ada kurang lebih 300 anak pohon yang disiapkan, meliputi jenis trembesi, matoa, mangga, rambutan, ketapang, pucuk merah dan tanaman lainnya. Ini dilakukan jelang peringatan HUT PI ke 165 di Tanah Papua pada 5 Februari dan Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2020.

Kegiatan ini dilakukan oleh PWI Papua Barat bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat dan Satpol Airut Polres Manokwari dan Kampung Mansinam.

Selain gubernur, penanaman pohon juga dilakukan oleh Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani, Sekda Papua Barat, Nataniel Mandacan, beberapa pimpinan OPD yang didampingi Ketua PWI Papua Barat, Bustam dan Ketua Panitia HPN PWI Papua Barat, Yohanes Ajoi.

“Kami tidak hanya menulis, tapi kami ingin turun langsung bersama masyarakat melakukan penanaman pohon. Ini demi kelestarian lingkungan agar tetap hijau dan lestari,” kata Bustam.

Ketua Panitia Yohanes Ajoi menambahkan, penanaman ini sengaja digabungkan bersama kegiatan kerja bakti Pemprov Papua Barat bersama gubernur.

“Kita senang karena agenda ini berjalan baik. Kami mengucapkan terima kasih kepada Dishut PB,Polairud Polres Manokwari, yang telah mengakomodir, sehingga semuanya berjalan lancar. Juga teman-teman wartawan di Manokwari,” tukasnya.