Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri telah mengambil ancang-ancang momentum untuk mengumumkan calon presiden (capres). Dia akan mengumumkan capres tahun 2023.

Momentum pengumuman capres itu diungkap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Hasto memastikan Megawati akan mengumumkan capres di tahun 2023.

“Bahwa Ibu Mega telah memutuskan untuk rencana mengumumkan calon presiden pada tahun 2023. Jadi itu bocoran yang saya sampaikan bahwa capres dari PDI Perjuangan bocorannya akan diumumkan pada tahun 2023, ya, itu,” kata Hasto saat konferensi pers secara daring bertajuk ‘Refleksi Akhir Tahun 2022 dan Harapan Menuju Tahun 2023’, Jumat (30/12/2022).

Sosok Capres PDIP

Selain itu, Hasto juga membeberkan kriteria capres yang akan dicalonkan PDIP. Sosok capres itu kata Hasto harus mampu melanjutkan nafas kepemimpinan para tokoh PDIP, yakni Presiden ke-1 RI IR Sukarno, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, dan Presiden Jokowi yang masih memimpin saat ini.

“Bocoran kedua ya itu calon itu yang diputuskan tentu saja yang mampu melanjutkan napas kepemimpinan perjuangan dari Bung Karno, Ibu Mega, dan Pak Jokowi,” katanya.

Sudah Disiapkan

Hasto memastikan sosok capres yang akan diusung PDIP telah dipersiapkan di internal partai secara matang. Dia meyakini capres yang nantinya resmi dimajukan oleh PDIP akan mampu menjadi pemimpin nasional yang dapat memikul tanggung jawab,

“Ketiga, bahwa calon tersebut telah dipersiapkan secara matang untuk mampu menjadi seorang pemimpin yang dapat memikul tanggung jawab bagi masa depan,” ujar dia.