Menyeimbangkan Potensi Alam Indonesia
Beritapapua.id - Melahirkan SDA Dalam Menyeimbangkan Potensi Alam Indonesia

Mengapa harus Melahirkan SDA Dalam Menyeimbangkan Potensi Alam Indonesia? –  Pendidikan merupakan dasar atau landasan majunya suatu bangsa. Sekolah merupakan salah satu tempat yang selalu berkaitan dengan pendidikan formal, walaupun pendidikan tak melulu bisa diperoleh di sekolah. Cakupan luas oleh pengertian terhadap pendidikan seringkali mengalami penyempitan berdasarkan tempat di mana ilmu itu diterima. Adanya anggapan bahwa sekolah seperti SD, SMP, SMA, dan Perguruan tinggi adalah wadah utama hilir mudiknya pengetahuan.

Pariwisata, Kelautan, Pertanian, Kehutanan, dan Migas adalah sektor yang menjadikan Indonesia sebagai negara dengan potensi sumber daya alam yang kuat. Namun melimpahnnya sumber daya alam tersebut tentu saja membutuhkan keterampilan manusia untuk mengelolanya. Sekolah umum maupun kujuruan menjadi salah satu fasilitas pendukung bagi Indonesia untuk melahirkan putera-puteri terbaiknya untuk mengisi posisi tersebut.

Menyeimbangkan Potensi Alam Indonesia

Menyeimbangkan Potensi Alam Indonesia
Beritapapua.id – Pelatihan Petrotekno 40 Orang http://petrotekno.co.id

Sekolah kejuruan secara khusus dimaksudkan untuk mendidik manusia dengan tidak hanya bermodalkan teori tetapi juga praktik menjadi salah satu pilihan yang terbuka. Sekolah pertanian, kehutanan, kelautan, pariwisata, bahkan teknik telah tersedia di berbagai wilayah di Indonesia. Kesesuaian antara kehadiran sekolah dan potensi dari suatu wilayah juga sangat penting. Misal daerah seperti Jawa Barat yang kemudian memiliki Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk mendukung dan mengakomodir para mahasiswa maupun civitas lain nya mempelajari pertanian secara menyeluruh.

Baca juga: Singkat Sejarah Lahirnya Industri Migas di Indonesia

Jawa barat dengan pertanian nya sangat berkaitan erat dengan kukuh nya IPB sebagai intitusi pendidikan yang sangat mendukung. Demikian pula Petrotekno sebagai salah satu sekolah teknik yang menyediakan berbagai pelatihan, sertifikasi dan konsultasi dalam bidang minyak dan gas.

Dunia kerja dan pendidikan tidak bisa dipisahkan, lembaga pendidikan yang tersedia dan sudah ada tentu saja selain dimaksudkan untuk “mendidik” manusia yang bertanggung jawab, juga untuk melatih cara berpikir yang sistematis dan terarah. Hal ini tentu saja menjadi bagian dari proses berpikir yang relevan dalam setiap aspek kehidupan termasuk dalam bekerja secara profesional dalam sektor manapun. Pengetahuan dan informasi umum maupun sesuai bidang yang diperoleh di sekolah umum maupun kejuruan, dan latihan logika berpikir yang benar dan sistematis juga perlu dilengkapi oleh kemampuan di lapangan.