Melawan Saat Ditilang Polisi, Bisa Terkena Pasal Ini
beritapapua.id - Melawan Saat Ditilang Polisi, Bisa Terkena Pasal Ini - liputan6.com

Akhir-akhir ini media sosial diramaikan oleh tindakan kurang sopan seorang pengendara mobil yang melawan saat sedang ditilang oleh polisi. Kejadian ini berlangsung di ruas Tol Angke 2 Jakarta Barat, dimana pada saat itu petugas Patroli Jalan Raya (PJR) Brigarid Eko Budiarto dan Bripka Rudy Rustam tengah melakukan patroli dari arah Angke ke timur.

Saat melakukan patroli, petugas menemukan banyaknya pengendara yang sedang memarkirkan kendaraannya di bahu jalan, melihat kejadian tersebut maka petugas mencoba untuk menertibkan mereka dengan menyuruh mereka jalan. Uniknya, diantara beberapa kendaraan tersebut, ada satu kendaraan yang tidak mengindahkan perintah dari petugas. Kendaraan tersebut bernomor polisi B 2340 SIH.

Ketika dilakukan penertiban, petugas malah mendapat respon yang kurang baik dari pengemudi mobil tersebut. Pengemudi bernama Tohap Saliaban tidak terima dengan penertiban yang dilakukan oleh anggota PJR kepadanya. Pengemudi tersebut sempat melakukan perlawanan hingga melakukan aksi mencekik petugas Bripka Rudy dan menantangnya untuk berkelahi.

Saat dikonfirmasi, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yunus Yusri menjelaskan pengemudi tersebut melakukan perlawanan dengan mendorong dan mencekik petugas PJR.

“Dia langsung mendorong, mencekik serta diminta membuka baju polisi untuk diajak berantem, pada saat kejadian tersebut Brigadir Eko Budiarto merekamnya,” kata Yusri.

Beruntungnya, petugas tidak terpancing oleh provokasi pengemudi tersebut dan tetap menjalankan tugasnya dengan memberikan selembar surat tilang kepadanya.

Menanggapi kejadian tersebut, Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Metro Jakarta Barat bergerak cepat dengan menangkap Tohap di kediamannya di Bekasi Barat pada hari Sabtu. Saat itu juga Tohap langsung dibawa ke Polres Jakarta Barat.

Baca Juga: Pemulangan Eks Simpatisan ISIS, Pemerintah Dilema

Ancaman Bagi Seseorang yang Melawan Petugas Saat Sedang Bertugas

Akibat perbuatannya yang melawan saat ditilang polisi tersebut, Tohap dijerat dengan Pasal 212 KUHP, hal ini dijelaskan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus.

“Karena memang melanggar Pasal 212 KUHP, dimana isisnya tentang ancaman kekerasan terhadap pejabat bertugas dengan ancaman 1 tahun (penjara),” ucap Yusri.

Dalam Pasal 212 KUHP berisi tentang “Barang siapa dengan kekerasan atau ancaman kekerasan melawan seorang pejabat yang sedang menjalankan tugas yang sah, atau orang yang menurut kewajiban undang-undang atau atas permintaan pejabat memberi pertolongan kepadanya, diancam karena melawan pejabat, dengan pidana penjara paling lama satu tahun empat bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.”