Memancing Ekstrem A’la Rock Fishing
beritapapua.id - Memancing Ekstrem A’la Rock Fishing - Fishing World

Rock Fishing adalah kegiatan memancing yang dilakukan di karang atau di atas tebing tepi laut. Kegiatan memancing ini cukup menantang karena faktor alam seperti ombak, angin laut dan butuh kekuatan fisik yang prima. Tantangan lain seperti spot memancing yang sulit diakses, sudut tebing yang curam, tajam, dan tinggi menambah sensasi olahraga ini. Oleh karena itu, rock fishing pun juga menuntut kewaspadaan dan selalu mengutamakan keselamatan pemancing.

Rock Fishing adalah kegiatan hobi yang juga bisa dikategorikan sebagai sebuah olahraga. Pemancing harus memiliki kekuataan kuda-kuda kaki saat mendapatkan strike. Kekuatan tangan juga diperlukan agar joran tidak terlepas terutama saat menarik ikan berukuran besar. Strategi pemilihan umpan dan teknik memancing juga menjadi faktor penentu keberhasilan mendapat ikan.

Teknik memancing dalam rock fishing sangat beragam. Ditinjau dari waktu, teknik memancing pada siang hari kurang efektif jika menggunakan teknik yang sama pada malam hari. Berikut beberapa teknik memancing rock fishing dihimpun dari berbagai sumber.

Baca Juga: Frans Kaisiepo Sosok Pahlawan Nasional Pemersatu Papua

  1. Teknik umpan dasar (bottom fishing)

Teknik ini menempatkan umpan pada kail dan diberi pemberat. Umpan yang digunakan berupa umpan hidup seperti ikan tongkol untuk memancing ikan pari, kakap merah atau kerapu. Teknik ini efektif dipakai pada pemancingan di malam hari.

  1. Teknik umpan layang (flying lining)

Teknik ini digunakan untuk memancing ikan sedang dan ikan besar yang suka menyambar umpan yang melayang di dalam air. Umpan bisa memakai umpan hidup atau irisan daging ikan. Teknik ini bisa dipakai pada waktu siang atau malam hari tergantung jenis ikan yang menjadi target.

  1. Teknik umpan apung (floating fishing)

Teknik ini menggunakan umpan hidup seperti ikan sardine atau ikan kembung berukuran kecil. Pemancing harus memperhatikan umpan agar tidak berenang ke arah tebing karang karena akan mempersulit saat terjadi strike. Memancing dengan teknik floating fishing bisa dilakukan pada siang atau malam hari.

Di Indonesia, khususnya di pantai selatan Pulau Jawa banyak terdapat bibir pantai dengan tepian berupa batu karang. Kegiatan ini banyak diminati karena berbiaya lebih murah daripada memancing di laut lepas. Sisi lain kenikmatan rock fishing adalah memancing santai sembari berkemah menunggu matahari terbit.