Memakai Masker
Memilih Memakai Masker atau Akan Terkena Denda

Memilih Memakai Masker atau Akan Terkena Denda! – Angka positif Covid-19 yang terus meningkat, membuat pemerintah kembali menerapkan PSBB ketat. Angka positif covid-19 di Indonesia yang telah menyentuh angka 10 ribu per hari, butuh solusi yang lebih konkrit dari pemerintah. Sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dibutuhkan untuk mencapai hal ini.

Sejak tanggal (11/01) pemerintah telah menerapkan PSBB ketat untuk pulau Jawa dan Bali. Sejumlah operasional tempat dan pelayanan umum pun mulai dipersempit untuk menghindari kontak antar individu, demi mengentaskan pandemi ini.

DKI Jakarta dengan angka positif di atas 2000-an per hari, membuat Pemprov dengan sigap kembali menerapkan aturan ketat. Aturan Work From Home (WFH) bagi beberapa kantor kembali diterapkan, untuk memutus klaster perkantoran. Jam operasional pusat perbelanjaan pun kembali dibatasi hingga pukul 19.00 WIB.

Butuh Kesadaran Masyarakat Untuk Memakai Masker

Melonjaknya angka covid di Indonesia, menjadikan angka kematian harian Indonesia paling tinggi di Asia Tenggara, kalau tidak di ASEAN, menurut beberapa pakar kesehatan. Sejumlah aturan yang diterapkan baik itu melalui UU, maupun Perda akan menjadi muspro jika tidak diikuti oleh kesadaran masyarakat.

Baca juga: Viral: Bank Papua Enggan Bayar, Persipura Terancam Bubar

Gelombang pandemi dengan penanganan yang amburadul ini membuat masyarakat semakin santai. Sepanjang tahun 2020 pemerintah terkesan mengentengkan permasalahan ini. Sejumlah kebijakan tarik ulur, seperti pelaksanaan pilkada hingga arus liburan akhir tahun, menjadikan gelombang pandemi ini tak terkontrol.

Tidak Boleh Kendor

Meskipun vaksin Sinovac telah tiba di Indonesia dan telah mendapatkan fatwa halal dari MUI, namun hal ini tidak boleh sedikit pun membuat kita kendor. Penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) 3M harus tetap diterapkan hingga pandemi benar-benar usai.

Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak akan semakin mengefektifkan pelaksanaan vaksinasi di Indonesia. Harus kita ingat, bahwa Peraturan Daerah mengenai penanganan Covid, masih belum dicabut oleh masing-masing pemerintah daerah.

Baca juga: Jokowi Instruksikan Keluar Rumah Harus Pakai Masker

Provinsi DKI Jakarta pada contohnya. Setiap orang yang beraktivitas di luar ruangan, berkendara maupun tempat aktivitas lain, wajib menggunakan masker sesuai standar kesehatan. Aturan ini masih berlaku hingga kini. Dituang di dalam Perda Nomor 2 tahun 2020, pasal 8, maka semua orang wajib menggunakan masker.

Aturan-aturan yang dibuat oleh pemerintah pusat maupun daerah seharusnya bisa menyadarkan warga. Ketegasan sanksi denda dan administratif dalam peraturan dan perundangan, seharusnya bisa mengatur masyarakat yang tunduk kepada aturan tersebut. Aturan yang dibuat oleh pemerintah, bukan bersifat relatif, namun absolut. Maka dari itu, PAKAI MASKER, ATAU DENDA!