Memperingati Hari Pers Bagi Wartawati Papua
beritapapua.id - Hari pers - seputarpapua.com

09 Februari diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN) bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia, didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985. Keputusan Presiden Soeharto pada 23 Januari 1985 itu menyebutkan bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.

Dewan Pers kemudian menetapkan Hari Pers Nasional dilaksanakan setiap tahun secara bergantian di ibu kota provinsi se-Indonesia. Penyelenggaraannya dilaksanakan secara bersama antara komponen pers, masyarakat, dan pemerintah khususnya pemerintah daerah yang menjadi tempat penyelenggaraan. Landasan ideal HPN ialah sinergi. Sinergi antar komponen pers, antara komponen pers, masyarakat dan pemerintah, seperti tergambar pada untaian pita (umbulumbul) yang membentuk huruf HPN. Dalam rangka menyambut hari tersebut, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Papua Barat menggelar lomba masak bagi wartawati, Sabtu (1/2/2020).

Baca Juga: Dataran Isim Manokwari Selatan Memiliki Pasar Rakyat

Lomba yang Diadakan untuk Menyambut Hari Pers Nasional

Ketua Panitia HPN 2020 tingkat Provinsi Papua Barat, Yohanes Ajoi menerangkan, lomba ini diikuti oleh wartawati dari 12 media, baik cetak,online,tv maupun elektronik. Menurutnya, panitia memasukkan kegiatan memasak dalam rangka HPN ini, karena wartawati tidak harus hanya bisa menulis,tapi harus bisa masak. “Karena selain memiliki tanggungjawab dalam pekerjaan (menulis),juga punya tanggungjawab sebagai ibu rumah tangga,” kata Ajoi, wartawan Papua Barat News.

Selain itu, lanjut Ajoi, sasaran dari kegiatan ini panitia ingin membangun kekompakan dan kebersamaan di antara sesama jurnalis. Berbagai kegiatan diselenggarakan untuk menyemarakkan Hari Pers Nasional. Selain lomba masak,panitia juga telah melaksanakan aksi tanam pohon di Pulau Mansinam,sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian alam.

Ada juga lomba catur, yang telah berlangsung beberapa hari lalu,lomba ini untuk mempersiapkan peserta catur yang mewakili Papua Barat pada Porwanas 2020 di Batu Malang, September mendatang. Setelah lomba masak, akan berlangsung lomba tenis meja. Ini juga dalam mempersiapan peserta menuju Porwanas. Ada juga akan berlangsung nanti sore dan besok,adalah pertandingan futsal. Yang melibatkan 6 tim. Ini juga menjadi ajang tim Porwanas untuk menjaring atlit futsal menuju Porwanas.