Menakar Potensi Habib Rizieq Menjadi Presiden
Beritapapua.id - Menakar Potensi Habib Rizieq Menjadi Presiden - Tribun

Menakar Potensi Habib Rizieq Menjadi Presiden – Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Center for Political Communication Studies (CPCS) menunjukkan bahwa Habib Rizieq berpeluang kuat maju sebagai calon presiden 2024. Kehadiran Habib Rizieq sebagai salah satu calon memberi warna baru selain nama-nama yang sebelumnya sudah diunggulkan sebagai calon Presiden mendatang.

“Habib Muhammad Rizieq Shihab berhasil masuk ke urutan keempat capres terkuat, dengan elektabilitas 7,1%, membayangi posisi yang dicapai Prabowo, Ganjar, dan Kang Emil (RK),” ungkap Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta SK dalam press release di Jakarta pada Rabu (25/11).

Mengutip dari Sindonews, berdasarkan hasil survei CPCS, elektabilitas Prabowo bergerak naik setelah sempat turun dari 22,7% pada Maret menjadi 18,4% di Juli dan kini menjadi 19,2%. Elektabilitas Ganjar terus mengalami kenaikan dari 8,5% pada Maret dan 13,5% pada Juli dan kini menjadi 16,0%.

Sebaliknya Ridwan Kamil bergerak turun setelah sempat melonjak dari 5,8% pada Maret menjadi 11,3% di Juli kini menjadi 9,3%. Demikian pula dengan Anies Baswedan yang terus mengalami penurunan menjadi 6,6%. Hal serupa juga dialami Sandiaga Uno yang menurun menjadi 5,8%.

Menurut Okta, kehadiran Rizieq justru akan menggerus nama-nama besar seperti Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Nama-nama lainnya adalah Khofifah Indar Parawansa dengan elektabilitas 3,85%, Erick Thohir 2,7%, Agus Harimurti Yudhoyono (1,9%). Lalu ada Tri Rismaharini 1,4%, Puan Maharani 1,1%, dan Mahfud MD (1,0%).

Baca Juga: TNI Baku Tembak Dengan KKB di Nduga

Bukan Kelas Habib Rizieq

Sebelumnya, nama Habib Rizieq memang berkali-kali diisukan akan mencalonkan diri menjadi presiden RI. Bahkan, sempat beredar isu bahwa kepulangannya adalah untuk mewujudkan hal tersebut.

Persaudaraan Alumni atau PA 212 mengaku tak terlalu mendukung wacana tersebut. Menurut PA 212, kedudukan Habib Rizieq jauh lebih tinggi dari sekadar pemimpin negara.

“Kalau menjadi capres (calon presiden), kelas HRS (Habib Rizieq Shihab) menjadi turun, karena HRS sudah menjadi imam besar umat Islam di dunia,” ujar Ketua Media Centre PA 212, Novel Bakmumin pada 6 November silam.

Novel pun mengatakan bahwa Habib Rizieq tidak mempunyai ketertarikan untuk menjadi orang nomor satu di Indonesia.

“Setahu saya HRS tidak tertarik menjadi capres. Karena kalau mau (mencalonkan diri), sudah dari kemarin-kemarin,” ujarnya.