Mendatangkan Sayur Segar dari Para Petani Melalui Sayurbox
Beritapapua.id - Mendatangkan Sayur Segar dari Para Petani Melalui Sayurbox - Shonet

Mendatangkan Sayur Segar dari Para Petani Melalui Sayurbox – Ide bisnis bisa tumbuh dari keresahan dan situasi tertentu yang kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi saat ini, seiring dengan kemajuan teknologi dan mudahnya akses pengetahuan serta bisnis menumbuhkan banyak sekali peluang yang bisa menjadi wadah ide-ide kreatif untuk terus berkembang.

Salah satunya startup yang kemudian mencoba menghubungkan 3 hal yaitu, alam, manusia, dan teknologi. Melalui seorang Amanda Susanti, ia mengubah dan memberikan alternatif pilihan untuk orang-orang kota bisa terhubung dengan produk segar dan sehat dari para petani sayur dan buah.

Setelah menyelesaikan pendidikannya di salah satu perguruan tinggi di Manchester, Inggris, dia pun bekerja di salah satu perusahaan. Namun hal tersebut tidak berlangsung lama, ia kemudian memutuskan menjadi seorang petani di daerah Sukabumi, Jawa Barat.

Ketika itu, Amanda melihat ada beberapa tanaman yang bernilai ekonomi tinggi, namun sulit menembus dalam penjualan. Berangkat dari hal ini, Amanda akhirnya mencoba melahirkan bisnis produk makanan terutama sayur dan buah-buahan organik bernama Sayurbox.

Baca Juga: Amien Rais: Ada Orang Dalam Pada Kasus Kebakaran Kejagung

Menerapkan Fresh Produce Platform

Mendatangkan Sayur Segar dari Para Petani Melalui Sayurbox
Beritapapua.id – Mendatangkan Sayur Segar dari Para Petani Melalui Sayurbox – JPNN

Berbicara konsep bisnis, Sayurbox menerapkan fresh produce platform dan berfokus memotong rantai distribusi. Para konsumen yang ingin memesan memiliki waktu tertentu setidaknya dua hari sebelumnya agar pengiriman sayuran atau buah-buahan dalam keadaan segar.

Ide dan konsep bisnis ini juga sejalan dengan kondisi pasar yang secara perlahan memiliki pilihan untuk menjalani gaya hidup sehat. Hal lain yang  juga merupakan satu poin penting dari sayurbox, yaitu untuk membantu para petani mendistribusikan hasil panennya.

Dengan idenya, ia ingin menolong para petani mendistribusikan hasil panennya dengan memotong rantai distribusi. Menurut pandangannya, rantai distribusi petani di daerah atau supplier daerah terbilang sangat panjang.

Hingga ia memikirkan bagaimana cara Sayurbox dapat menciptakan efisiensi dalam mendistribusikan hasil petani lokal langsung ke konsumen. Selain itu, ia juga melihat masyarakat saat ini semakin menghargai gaya hidup sehat. Dengan menjual sayur mayur serta buah-buahan yang fresh dan komplit, Amanda merasa hal ini akan sesuai kebutuhan masyarakat.

Adapun manfaatnya bagi para petani yang bermitra adalah mereka akan lebih mudah dalam pendistribusian langsung ke konsumen. Para petani juga akan mendapatkan edukasi dan penerapan sistem penjualan secara transparansi.