Mengenal Fenomena ‘Manusia Enggak Ada Akhlak’Mengenal Fenomena ‘Manusia Enggak Ada Akhlak’
Ilustrasi penghinaan yang dilakukan seseorang dari belakang (foto : hukumonline.com)

Pernah dengan ungkapan ‘manusia enggak ada akhlak’? Biasanya, generasi kekinian menyebut orang-orang yang tidak sopan dengan ungkapan tersebut. Dan tak jarang, mereka melakukan hal yang buruk

Melihat semakin maraknya ungkapan tersebut, maka kita sebagai umat muslim perlu khawatir. Apakah benar orang zaman sekarang tidak punya akhlak? Padahal, itu adalah suatu sifat yang sangat terpuji.

Dari Abu Darda’ radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا مِنْ شَىْءٍ يُوضَعُ فِى الْمِيزَانِ أَثْقَلُ مِنْ حُسْنِ الْخُلُقِ وَإِنَّ صَاحِبَ حُسْنِ الْخُلُقِ لَيَبْلُغُ بِهِ دَرَجَةَ صَاحِبِ الصَّوْمِ وَالصَّلاَةِ

“Tidak ada sesuatu amalan yang jika diletakkan dalam timbangan lebih berat dari akhlak yang mulia. Sesungguhnya orang yang berakhlaq mulia bisa menggapai derajat orang yang rajin puasa dan rajin shalat.” (HR. Tirmidzi no. 2134. Syaikh Al-Abani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Lihat Shahih Al Jaami’ no. 5726.)

Bayangkan, akhlak merupakan sifat yang memberatkan timbangan pada hari akhir nanti. Namun, apa itu akhlak sebenarnya?

Dari segi bahasa, akhlak berasal dari kata khulqun yang artinya budi pekerti. Kata tersebut juga bermakna tabiat, tingkah laku dan perangai. Dengan demikian, makna sederhana dari akhlak adalah perilaku dan perangai seseorang.

Baca Juga :  Hidangan Sahur Cepat dan Padat Gizi Dengan Carbonara Instan

Imam Al Ghazali menjelaskan lebih lanjut perihal akhlak. Bahwa, akhlak adalah suatu sifat yang tertanam pada manusia hingga mereka melakukan sesuatu tanpa pikir panjang. Berarti, akhlak merupakan sifat yang sudah tertanam menjadi sebuah kebiasaan.

Lantas, bagaimana dengan ungkapan kekinian yang menyebut “manusia enggak ada akhlak”?

Mengenal Dua Jenis Akhlak: Akhlakul Mahmudah dan Mazmumah

Mengutip dari merdeka.com, ada dua jenis akhlak. Sederhananya, dua jenis akhlak itu adalah akhlak baik dan akhlak buruk. Dalam istilah Islam, akhlak tersebut bernama akhlakul mahmudah dan akhlakul mazmumah.

Akhlakul mahmudah atau perangai baik adalah bentuk perilaku umat Islam yang ideal. Akhlak ini meliputi perilaku jujur, sabar, amanah, rendah hati, dermawan dan lain sebagainya.

Sedangkan akhlakul mazmumah adalah akhlak buruk. Banyak sekali bentuk perilaku buruk yang tertera dalam Alquran. Misalnya, berdusta, iri, dengki, sombong, tamak, hasad dan lain sebagainya.

Arti Dari Manusia Tanpa Akhlak

Selanjutnya, hal ini menjelaskan mengenai fenomena manusia tanpa akhlak. Maksudnya, adalah mereka yang tidak mencerminkan akhlak baik. Bagi umat muslim, sudah semestinya ini menjadi momen untuk memperbaiki pribadi.

Bahwa, munculnya manusia tanpa akhlak ini merupakan pengingat bagi kita bahwa kita tidak sedang baik-baik saja. Ada kemungkinan bahwa saat ini manusia sudah mulai meninggalkan akhlak terpuji.

Oleh karenanya, mari sama-sama kita perbaiki perangai kita. Terlebih, saat ini kita hendak menjalani ibadah puasa pada bulan suci Ramadhan.