Kota Fakfak
Mengenal Kota Fakfak, Papua Barat

Fakfak adalah salah satu kabupaten di Provinsi Papua Barat, Indonesia. Ibukotanya, terletak di kota Fakfak dan merupakan salah satu kota tertua di Papua karena keberadaannya telah disebutkan sejak lama. Selain itu Fakfak juga dijuluki sebagai Kota Pala karena hasil komoditinya sebagian besar adalah buah pala.

Uniknya, mayoritas penduduk kabupaten Fakfak beragama Islam, di kabupaten ini banyak terdapat masjid-masjid tua peninggalan abad 17, salah satunya adalah masjid Patambura. Masyarakat di kabupaten ini sangat menjujung kerukunan, dengan semboyan Satu Tungku Tiga Batu. Tungku adalah simbol dari kehidupan sedangkan tiga batu simbol dari “kamu”, “saya” dan “dia” yang akan menyatukan perbedaan, agama, suku, status sosial menjadi persaudaraan.

Baca juga: Pesona Raja Ampat Tanah Papua Milik Indonesia

Nah, selain itu Kota Fakfak juga menyimpan berbagai macam destinasi wisata, antara lain:

1. Masjid Tua Patimburak Kota Fakfak

Masjid ini menjadi salah satu bukti masyarakat Fakfak sangat menjujunjung tinggi nilai kerukunan beragama dikarenakan desain masjid yang menggabungkan arsitektur unsur masjid dan unsur gereja pada umumnya. Masjid ini juga menjadi tujuan utama ziarah umat muslim yang berkunjung ke Kota Fakfak.

2. Gugusan Pulau Karst Kota Fakfak

Indahnya Laut Kokas terhampar luas dengan tebing karang di beberapa sisinya. Nah, deratan tebing karang ini yang disebut sebagai gugusan pulau karst. Di salah satu tebingnya terdapat celah dengan kotak berbahan semen ditengahnya. Kotak tersebut berisi tulang belulang manusia yang dipercaya warga setempat sebagai kuburan putri laut, mahluk halus sebagai penjaga laut kokas dan perairan lain disekitarnya, sungguh menyeramkan ya.

3. Pantai Pasir Putih

Jaraknya sekitar 8km dari pusat kota Fakfak. Garis pantai pasir putih ini memenjang sejauh 100m lebih. Pengunjung yang datang sangat menyukai kondisi alamnya yang masih asli dan terawat.

4. Pantai Patawana

Pantai Patawana terletak di Desa Kotam distrik Fakfak Timur. Pantai Ini punya spot surfing yang tidak kalah menarik dari Bali. Lokasinya memang lumayan jauh dari pusat kota, tapi jangan khawatir hasilnya sebanding kok dengan keindahannya.

5. Air Terjun Kitikiti

Air terjun kitikiti mengalir deras kelaut lepas, menghasilkan pemandangan yg sangat cantik. Dibalik air terjun juga ada hutan heterogen yang memiliki perairan di tengahnya. Banyak aktivitas seru yang dapat dilakukan oleh pengunjung, selain berenang dan snorkling, ada juga jasa sewa kapal motor untuk menjelajahi laut hingga hutan heterogen.

Sedikit cerita tentang Kota Fakfak di atas sudah sangat menarik bukan? Kalau suatu hari kalian ada kesempatan berkunjung jangan sampai melewatkan tempat wisatanya ya.