Mengenal Mazaraat Cheese, Artisan Keju Yogyakarta
Beritapapua.id - Mengenal Mazaraat Cheese, Artisan Keju Yogyakarta - Linetoday

Mengenal Mazaraat Cheese, Artisan Keju Yogyakarta – Keju merupakan sebuah olahan makanan dari hasil pemisahan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi. Proses pengentalan terjadi dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu yakni rennet. Hasil dari proses tersebut nantinya akan dikeringkan, diproses, dan diawetkan dengan berbagai macam cara.

Keju merupakan salah satu makanan yang paling terkenal. Makanan ini diduga pertama kali dikenal di daerah sekitar Timur Tengah. Siapa sangka makanan ini bisa diproduksi dengan kualitas yang sangat baik di dalam negeri.

Mereka adalah pasangan suami istri yang membuat keju artisan, pasangan Jamie Najmi Misnah dan Nieta Pricillia Puspitasari mulai memproduksi keju artisan sejak akhir 2015 dengan nama Mazaraat Artisan Cheese. Keju ini melalui pengolahan secara tradisional dengan produksi yang terbatas.

Mulanya, sepuluh tahun yang lalu, Jamie dan Nieta belajar secara autodidak untuk membuat keju. Hasilnya mereka konsumsi sendiri. Laki-laki berusia 43 tahun itu juga memproduksi keju untuk kebutuhan anaknya. Yang sejak lahir menderita penyakit jantung.

Hingga suatu hari, teman dari pasangan suami-istri ini tertarik dengan keju yang mereka buat. Lagi-lagi keju buatan keduanya cocok dengan seorang cancer survivor Yogyakarta yang juga merupakan pegiat organic raw food bernama Janti Alterjiwo. Mereka pun mendapat kesempatan untuk berjualan pada Pasar Organik Kamisan milik Janti. Dari sinilah semakin banyak orang yang mengenal keju buatan Jamie. Hingga kepopulerannya berhasil sampai kepada chef terkenal seperti William Wongso, Chef Ragi, dan Chef Degan.

Baca Juga: 59 Negara Menutup Pintu Masuk Bagi WNI

Proses Pembuatan Mazaraat Cheese

Mengenal Mazaraat Cheese, Artisan Keju Yogyakarta
Beritapapua.id – Mengenal Mazaraat Cheese, Artisan Keju Yogyakarta – Kumparan

Dalam pembuatannya, Mazaraat Cheese menggunakan susu kambing dan sapi, namun organik. Jamie menjelaskan, organik maksudnya kambing dan sapi yang mendapatkan pakan rumput liar tanpa pestisida dan urea. Serta tidak boleh mendapatkan suntikan antibiotik. Sehingga ia benar-benar hanya bermitra dengan peternak yang menyanggupi syaratnya tersebut.

Mazaraat Artisan Cheese ini kemudian memiliki pasarnya sendiri. Terbukti beberapa vendor yang menjadi langganan tetapnya antara lain hotel-hotel bintang atas Bali. Begitu juga di Yogyakarta dan Jakarta keju ini hadir dibeberapa hotel bintang 5 dan supermarket.

Ia mengatakan bisnis ini merupakan sebuah model bisnis yang sustain dan bertanggung jawab karena semua proses dan pengolahannya benar-benar terjaga.