Mengenal Motif Batik Khas Tanah Papua
Beritapapua.id - Mengenal Motif Batik Khas Tanah Papua - Bukalapak

Mengenal Motif Batik Khas Tanah Papua Batik Papua dengan keunikan corak dan motif yang eksotis, menambah keanekaragaman seni budaya batik Indonesia. Mengangkat perpaduan antara motif etnik khas Papua dengan warna-warna yang cerah membuat batik Papua ini meemiliki keunikan tersendiri. Batik khas Papua kebanyakan berbahan dasar katun yang memiliki sifat lembut dan dapat menyerap keringat. Adapun pembuatannya adalah dengan cara ditulis atau bisa juga dicap, yang mana masyarakat Papua juga senang menggambarkan alam dan kebudayaan mereka di atas motif batik.

Biasanya, batik ini diproduksi di ibukotanya, yaitu kota Jayapura. Masyarakat Papua terbiasa bekerja bersama-sama dalam membuat batik. Dengan pembagian tugas, yakni para perempuan Papua membuat kreasi batik tulis, sedangkan para laki-laki akan mengerjakan batik cap.

Batik Papua bermula ketika Pemerintah Indonesia mendapatkan bantuan dari United Nations Development Programme (UNDP) untuk program pemberdayaan kebudayaan di Indonesia bagian Timur pada tahun 1985. Dalam program pemberdayaan ini, pemerintah setempat secara khusus mendatangkan langsung pelatih batik dari Jawa, khususnya Yogyakarta.

Baca Juga: Tradisi Unik Masyarakat Pantai Bakaro, Manokwari

Berikut beberapa motif batik Papua dengan berbagai filosofinya.

1. Motif Burung Cenderawasih

Batik Motif Burung Cendrawasih
Baritapapua.id – Batik Motif Burung Cendrawasih – Bergaya.id

Burung Cendrawasih yang fauna khas tanah Papua, memiliki bulu dan ekor yang indah. Lewat batik motif cendrawasih ini seolah menyampaikan pesan dari mana batik ini berasal. Yang mana motif yang melekat menggambarkan kedekatan dengan alam yang lebih nyata.  Warna-warna batiknya didominasi dengan warna hijau, merah, kuning yang keemasan.

2. Motif Tifa Honai

Batik Motif Tifa Honai
Beritapapua.id – Batik Motif Tifa Honai – Batikpapua

Batik Tifa Honai memiliki makna filosofis yang mendalam, yakni rumah yang penuhi dengan kebahagian. Terinspirasi dari keindahan tanah Papua, seperti sumber mata air dan pemandangannya yang indah. Juga Tifa merupakan alat musik Sali dari tanah Papua. Kekhasan Batik ini terletak pada motifnya yang terlihat anggun dan menarik yang menyemarakkan penampilan.

3. Motif Kamoro

Kesenian Papua dalam Selembar Batik
Beritapapua.id – Batik Motif Kamoro – Bergaya.id

Batik motif Kamoro memperkenalkan keindahan alam serta keunikan seni ukir Suku Kamoro. Motif batiknya melambangkan simbol Patung Berdiri membawa tombak. Keunikannya terletak pada perbedaan gaya, ekspresi patung, baju atau aksesoris.  Warna-warnanya pun cenderung lebih cerah, seperti kombinasi biru dan hijau, hitam dan kuning, merah dan merah muda.

4. Motif Asmat 

Batik Motif Asmat
Beritapapua.id – Batik Motif Asmat – Bergaya.id

Batik motif asmat mempunyai ciri-ciri yang sangat khas yaitu corak ukiran khas suku Asmat, seperti ukiran patung-patung duduk kayu suku Asmat. Batik ini juga memiliki warna yang lebih cokelat dengan campuran warna tanah. Motif yang berasal dari salah satu suku asli Papua ini merupakan salah satu batik populer.

5. Motif Sentani

Batik Motif Sentani
Beritapapua.id – Batik Motif Sentani – Bergaya.id

Batik motif Sentani memiliki ciri khas gambar alur batang kayu yang melingkar-lingkar dengan jenis warna hanya satu atau dua warna dan ada pula motif variasi dengan sentuhan garis-garis emas. Memiliki julukan batik prada, Batik Sentani menggambarkan tanah Papua yang masih subur dengan hutan-hutan lebat dan segala kekayaan alamnya.