Petrotekno
Beritapapua.id - Mengenal Pendidikan Petrotekno Lebih Dekat

Program training apprentieceship (pemagangan) yang disediakan oleh Petrotekno bagi lulusan SMA/SMK maupun politeknik menyediakan konten praktik langsung yang dirancang berdasarkan kondisi aslinya. Hal ini guna mendukung pelatihan untuk mempersiapkan karyawan dengan pengalaman yang relevan dalam teori dan praktik di lapangan.

Exxon, Pertamina, dan Chevron merupakan nama-nama yang tidak asing dalam industri minyak dan gas di Indonesia. Raksasa perusahan migas tersebut merupakan salah satu tujuan jenjang karir yang banyak diincar oleh para lulusan perguruan tinggi maupun sekolah kejuruan di berbagai daerah untuk mencapai kesuksesan. Pengalaman dan keterampilan khusus tentu saja sangat dibutuhkan ketika memutuskan untuk terjun ke dunia migas mulai dari konstruksi, helath and safety, serta operation & maintenance.

Perguruan tinggi di Indonesia baik negeri maupun swasta mencatatkan jurusan seperti Teknik Pertambangan, Perminyakan, Geologi, dan Industri sebagai jurusan yang tidak pernah sepi peminat. Siswa berlomba mempersiapkan kemampuan terbaik mereka untuk bisa menembus jurusan tersebut dan melihat peluang dalam menyambut masa depan. Namun, seringkali pengetahuan secara teori saja tidak cukup untuk masuk dan berkembang di industri migas. Kemampuan di lapangan tentu saja menjadi bekal yang sangat penting untuk meyakinkan perusahaan dan dunia global.

Petrotekno memilih untuk mengisi posisi tersebut, hadir sebagai salah satu sekolah teknikal di Indonesia yang menyediakan pelatihan dan sertifikasi internasional seperti OPITO, CompEx, ECITB, dan City Guids untuk meningkatkan kompetensi di industri konstruksi.

Baca juga: Matoa, Buah Langka Khas Daerah Papua Super Enak

Pelatihan tersebut meliputi:

  1. Operasi produksi.
  2. Pemeliharaan listrik.
  3. Pemeliharaan instrumentasi.
  4. Pemeliharaan mekanis.
  5. Pengelasan.
  6. Instalasi listrik.
  7. Instalasi instrumentasi.

Pelatihan yang disediakan oleh Petrotekno mencakup teori dan praktik yang komprehensif dan sudah disesuaikan dengan standar internasional. Petrotekno juga menyediakan solusi penerapan CAMS (Competence Assurance Management Systems) untuk memonitor kelayakan dan pengembangan staf agar sepenuhnya menjadi kompeten.

Kantor utama Petrotekno berlokasi di Tangerang, dan memiliki beberapa tempat untuk fasilitas training yakni Jawa Barat, Tanjung Priok, dan Pusat Pelatihan di Papua Barat.