Mengetahui Orang Asli Papua
beritapapua.id - Mengetahui Orang Asli Papua - Tabloid Jubi

Mengetahui Orang Asli Papua – Sejak ditetapkannya Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua, seringkali muncul perdebatan tentang siapa Orang Asli Papua atau biasa disebut dengan Istilah OAP. Pasal 1 UU Nomor 21 Tahun 2001 menyebutkan Orang Asli Papua adalah orang yang berasal dari rumpun ras Melanesia yang terdiri dari suku-suku asli di Provinsi Papua dan/atau orang yang diterima dan diakui sebagai orang asli Papua oleh Masyarakat Adat Papua. Hal inilah yang kerap diartikan bebas oleh setiap orang di Papua, baik pada saat ada Pemilihan Legislatif, Pemilihan Kepala Daerah baik Kabupaten maupun Provinsi, bahkan Kepala Kampung dan juga pada penerimaan PNS.

Dalam pelaksanaannya, istilah OAP dilaksanakan dengan berpegang pada garis keturunan laki-laki atau Patrilineal. Karena pada dasarnya dalam pemberian marga dalam adat Papua mengikuti garis keturunan bapak. Tetapi dalam kasus tertentu biasanya anak kemudian mengikuti garis keturunan ibunya atau mengikuti marga ibu atau mamanya. Hal ini kerap dimanfaatkan oleh orang tertentu untuk mencari identitas atau mem-Papua-kan dirinya, untuk kepentingan politik. Inilah yang kerap menimbulkan rasa sakit hati atas istilah OAP yang berpatokan pada garis keturunan bapak.

Baca Juga: Pengamat: Bantuan Sosial Tidak Lancar, Aksi Kriminal Gencar

Arti Istilah Orang Asli Papua

Istilah OAP kemudian dihadapkan pada dua hal, yaitu secara genealogis mempunyai hubungan darah dengan Orang Asli Papua yang memang mengikuti garis keturunan bapak, menggunakan marga atau fam. Dan secara geografis yaitu bertempat tinggal di Papua untuk waktu yang cukup lama dan sudah berbakti untuk Papua. Dengan kata lain, OAP adalah mereka yang memang terlahir dari Orang Asli Papua karena dalam diri mereka mengalir darah Papua. Mereka inilah yang berhak disebut sebagai OAP ketimbang orang yang secara geografis tinggal di Papua. Hal inilah yang menyababkan beberapa orang terpaksa menggunakan marga atau fam mamanya yang adalah perempuan Papua untuk dapat memperoleh pelayanan spesial sesuai pemberlakukan UU Nomor 21 Tahun 2001.

Pembagian kelompok dalam adat di Papua, dibedakan dalam dua bagian besar, yaitu; turunan laki-laki dan turunan perempuan. Dalam pemahaman budaya suku-suku di Papua, “Om” sebutan bagi saudara laki-laki dari mama atau sebaliknya. “Om” elalu mendapat tempat atau bagian, sesuai dengan nilai adat yang berlaku dalam adat Papua. Dalam pembagian warisan adat atas tanah, turunan perempuan selalu menunggu keputusan dan sikap dari Om-nya atau saudara dari turunan laki-laki.

Maka untuk mengetahui Siapa Orang Asli Papua, ada baiknya tidak hanya terpaku pada Pasal 1 UU Nomor 21 Tahun 2001. Orang Asli Papua adalah orang yang berasal dari suku-suku asli di Provinsi Papua dan diterima serta diakui oleh masyarakat adat Papua. Akan lebih baik jika dapat juga mengakomodir mereka yang terlahir dari Perempuan Papua. Bukan mereka yang secara geografis bertempat tinggal di Papua atau berbakti di Papua.