Menikmati Panorama Kota Sorong Dari Puncak Gunung 400 HBM
Beritapapua.id - Menikmati Panorama Kota Sorong Dari Puncak Gunung 400 HBM - Instagram gunung400hbm

Menikmati Panorama Kota Sorong Dari Puncak Gunung 400 HBM – Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, terkenal menyimpan beragam potensi wisata alam.  Salah satunya yang sedang populer akhir-akhir ini adalah Gunung 400. Yang berlokasi di Jalan Juang RT 003 RW 008, Kelurahan Remu Utara HBM, Kota Sorong.

Gunung 400 HBM menawarkan pemandangan Kota Sorong dari atas gunung. Seperti pemandangan sunset dan juga cahaya lampu kota pada waktu malam. Untuk bisa keatas gunung, pengunjung harus berjalan kaki sejauh 400 meter untuk bisa sampai ke puncak gunung dan menikmati pemandangan kota.

Wisata gunung 400 HBM masih terbilang baru, yakni baru berusia 1 bulan. Yang mana tempat wisata ini dibuka tepat pada 29 September 2020. Walaupun begitu, tempat tersebut sudah ramai dikunjungi warga untuk berswafoto, dan menikmati pemandangan kota Sorong. Saat ini, tarif untuk menikmati panorama Kota Sorong dari puncak Gunung 400 yakni sebesar Rp 10.000 per orang.

Baca Juga: Indonesia Resmi Mengalami Resesi

Terinspirasi Dari Tempat Wisata Di Malang

Menikmati Panorama Kota Sorong Dari Puncak Gunung 400 HBM
Beritapapua.id – Menikmati Panorama Kota Sorong Dari Puncak Gunung 400 HBM – Instagram gunung400hbm

Pengelola tempat wisata gunung 400 HBM, Rivaldo Rumbewas mengatakan, ide untuk membuat spot wisata diatas gunung terinspirasi dari tempat wisata yang ada di Malang.

“Kebetulan ide ini saya dapat pas saya kuliah Malang, karena di Malang kan penghasilan wisatanya paling banyak. Hobi saya juga traveling dan suka mengunjungi tempat wisata di sana. Saya sering ajak orang-orang kesana seperti pergi ke Coban Rondo, wisata gunungnya dan masih banyak lagi,” Ujar Rivaldo mengutip dari Teropong News.

Hal itu bermula saat ia melihat para remaja hendak membuat pondok Natal di atas gunung pada waktu menjelang Natal. Dari sanalah muncul ide kreatif untuk mengubah sebuah pondok Natal menjadi spot wisata. Hal itu Rivaldo lakukan sambil mengisi waktu luang bersama remaja-remaja sekitar.

“Adik-adik di sini mereka mau buat pondok Natal, kemudian saya lihat sepertinya bisa dibuat lebih dari itu. Kebetulan saya punya ilmu juga ada di bagian pemasaran, saya punya ide untuk buat ini jadi spot wisata. Maksudnya kenapa kita tidak kreatif saja buat inovasi dan terobosan yang baru,”Jelasnya.

Adapun untuk biaya untuk pengelolaan tempat tersebut, Rivaldo memperolehnya dari hasil uang tiket dari pengunjung. Sementara terkait pengamanan, pengelolannyaa juga sudah bekerjasama dengan RT setempat.

“Sama sekali tidak minta dari orang tua ataupun pemerintah. Jadi saya sama adik-adik mengelola dari pendapatan tarif pengunjung. Tarif awal kita taruh Rp. 5.000, kemudian kita minta kita promosikan tempat ini di instagram. Kebetulan kita punya instagram namanya gunung 400 HBM, “terangnya.

Kedepannya Rivaldo berharap agar tempat wisata gunung 400 HBM mendapat perhatian dari pemerintah. Seperti adanya pengadaan alat penerangan. Sebab, jam buka tempat tersebut bisa sampai pukul 22.00 WIT di hari libur.