Menikmati Pesona Pulau Misool Di Raja Ampat
Beritapapua.id - Menikmati Pesona Pulau Misool Di Raja Ampat - Pegipegi

Menikmati Pesona Pulau Misool Di Raja Ampat – Pulau Misool merupakan satu dari empat pulau terbesar yang ada di wilayah Kepulauan Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Pulai ini mempunyai luas wilayah 2.034 km persegi dengan titik tertinggi 535 meter. Pulau Misool berbatasan langsung dengan Laut Seram yang menjadi jalur lintas hewan besar termasuk paus.

Eksotisme dari Pulau Misool masih belum banyak terjamah, dengan kekayaan potensi alamnya yang masih asri. Mulai dari gugusan batu karang dan pantai yang mempesona, gua-gua sampai dengan peninggalan purbakala.

Panorama dari pulau terpencil yang nyaris tak terjamah ini menawarkan pemandangan hamparan laut yang luas dengan pasir putih di sepanjang pesisir pantai. Selain itu, terdapat pula pepohonan hutan tropis dan mangrove yang menyegarkan mata. Pulau Misool juga menawarkan sejumlah titik penyelaman dengan beragam jenis ikan, terumbu karang, hiu, penyu, pari, dan biota laut lainnya.

Bukan hanya keindahan alam, Pulau Misool juga memiliki keanekaragaman budaya dan adat istiadat dari masyarakat lokalnya. Terdapat beberapa desa di sekitar Pulau Misool dengan budaya lokal serta adat istiadat yang menarik untuk dipelajari.

Selain itu, ada juga peninggalan jejak prasejarah berupa lukisan di dinding-dinding gua juga dapat ditemukan di kawasan ini. Lukisan tersebut berbentuk tangan manusia, ikan, dan lainnya yang disebut sebagai petroglyph. Lukisan yang didominasi warna merah tersebut diperkirakan telah berusia sekira 5.000 tahun. Lokasinya tersembunyi di dalam labirin yang terbentuk dari sejumlah laguna dan batuan karst.

Baca Juga: Ludia Amaye Maryen, Putri Papua Mendukung Pembangunan Daerah

Cara Mengunjungi Pulau Misool

Menikmati Pesona Pulau Misool Di Raja Ampat
Beritapapua.id – Menikmati Pesona Pulau Misool Di Raja Ampat – Happiness Seeker

Jika ingin berkunjung ke Pulau Misool, kamu bisa melalui Kota Sorong, kamu dapat menjadwalkan penerbangan menuju Bandara Domne Eduard Osok di Sorong. Kemudian kamu dapat melanjutkan perjalanan menuju ke Pelabuhan. Setelahnya, untuk menjelajahi Pulau Misool yang sebagian besar daerahnya merupakan kepulauan, alat transportasi utama yang digunakan adakah dengan transportasi laut. Seperti kapal jenis speed boat, long boat, maupun kapal rakyat milik pemerintah setempat.

Terdapat paket tur dimana kapal dapat juga menjadi kendaraan sekaligus tempat menginap untuk menjelajahi bpemandangan pantai dan bawah laut yang spektakuler. Transportasi yang digunakan beragam, seperti kapal cepat dengan waktu tempuh kurang lebih empat jam. Bisa juga dengan menggunakan kapal besar dengan waktu tempuh kurang lebih delapan jam.

Terdapat sejumlah Akomodasi dan fasilitas yang lumayan lengkap di Pulau Misool, mulai dari penginapan, homestay hingga resort eksklusif. Waktu terbaik untuk menyelami keindahan bawah laut Pulau Misool adalah bulan Oktober sampai Mei.