Menjelajahi Pesona Keindahan Alam Papua
beritapapua.id - Menjelajahi Pesona Keindahan Alam Papua - Medium

Menjelajahi Pesona Keindahan Alam Papua Papua, wilayah yang berada di ujung timur Indonesia, memiliki beragam destinasi menarik untuk dikunjungi. Dari pesona alam, budaya, tradisi, kuliner sampai sumber daya manusia yang ada di sana menjadi aset yang berharga. Tak heran, ketika Papua mendapat julukan “Surga Kecil Di Timur Indonesia” karena keindahannya yang tak ada habisnya.

Pariwisata Papua dikenal eksotis dan masih alami dengan pemandangan pegunungan, hutan lebat, padang rumput, rawa-rawa serta pemandangan bawah laut yang menakjubkan dan sudah diakui dunia.

Untuk menikmati keindahan Papua, Sorong, Merauke, Manokwari, Jayapura dijadikan pangkalan kota bagi wisatawan yang ingin menjelajah Bumi Cenderawasih.

Kunjungan wisatawan ke Papua dan Papua Barat pada 2018 mencapai 44.000 wisatawan. Sebanyak 52% berasal dari wisatawan mancanegara dan 48% dari wisatawan domestik. Sementara tahun 2019, kunjungan wisatawan meningkat menjadi 165.860 kunjungan.

Baca Juga: Martabak Sagu, Martabak Unik Khas Kabupaten Fakfak, Papua Barat

7 Tempat Wisata di Papua yang Bikin Kamu Berdecak Kagum

  1. Raja Ampat: Surga Petualangan Dunia di Ujung Papua

Menjelajahi Pesona Keindahan Alam Papua
beritapapua.id – Menjelajahi Pesona Keindahan Alam Papua – Indonesia Travel

Raja Ampat dikenal memiliki kekayaan biota laut dengan merumahi 75% spesies koral yang ada di dunia dan 1500 spesies ikan termasuk beragam jenis hiu. Karena keindahan bawah lautnya, Raja Ampat bahkan dinobatkan sebagai wisata diving terbaik dunia versi Dive Magazine mengalahkan Malapascua di Filipina.

  1. Lembah Baliem: Eksotisme Alam Papua yang Sangat Mengagumkan

Menjelajahi Pesona Keindahan Alam Papua
beritapapua.id – Menjelajahi Pesona Keindahan Alam Papua – Get Lost

Lembah Baliem berada di ketinggian 1.600 mdpl dan menjadi tempat tinggal Suku Dani. Setiap tahunnya selalu digelar Festival Lembah Baliem yang mempertemukan wisatawan dengan Suku Dani. Wisatawan juga dapat menjelajah objek wisata lain di Lembah Baliem seperti Danau Habema, Goa Kontilola, Telaga Biru Maima dan Pasir Putih Aikima.

  1. Taman Nasional Lorentz: Gunung Bersalju Yang Keren di Indonesia

Menjelajahi Pesona Keindahan Alam Papua
beritapapua.id – Menjelajahi Pesona Keindahan Alam Papua – Detik

Taman Nasional Lorentz merupakan kawasan lindung terbesar di Asia Tenggara dengan luas mencapai 9,6 hektar. Terdapat beberapa ekosistem seperti padang rumput, rawa-rawa, pantai lautan, hutan hujan, dan pegunungan Alpine yang diatapi oleh gletser tropis yang cukup langka. Gunung yang paling terkenal bernama Puncak Jaya, puncak tertinggi di Asia Tenggara.

  1. Taman Nasional Teluk Cendrawasih: Keindahan Papua Sebenarnya

Menjelajahi Pesona Keindahan Alam Papua
beritapapua.id – Menjelajahi Pesona Keindahan Alam Papua – Backpacker Jakarta

Terdapat beberapa ekosistem yang dapat ditemui di sini seperti terumbu karang kurang lebih 5,5%, pantai-pantai cantik seluas 0,9%, Mangrove dan hutan Tropika serta pulau-pulau yang berjumlah 3,8%. Selebihnya adalah perairan lautan seluas 89,8%. Pecinta diving wajib datang ke sini untuk menikmati sensasi menyelam ditemani hiu paus.

  1. Taman nasional Wasur: Saatnya bertemu 4 suku asli Papua!

Menjelajahi Pesona Keindahan Alam Papua
beritapapua.id – Menjelajahi Pesona Keindahan Alam Papua – Backpacker Jakarta

Taman Nasional Wasur dikenal karena memiliki kekayaan ekologi, sosial dan budaya. TN Wasur menjadi surga bagi 403 spesies burung, dengan 74 jenis diantaranya merupakan burung endemik Papua dan 114 spesies termasuk yang dilindungi. Ada empat suku asli yang menjaga TN Wasur yaitu Suku Marind, Suku Marori Men-Gey, Suku Kanum dan Suku Yei.

  1. Danau Sentani: Danau yang Kaya Akan Legenda dan Budaya

Menjelajahi Pesona Keindahan Alam Papua
beritapapua.id – Menjelajahi Pesona Keindahan Alam Papua – Pegipegi

Danau ini memiliki sejumlah keunikan salah satunya adalah dikelilingi 22 pulau yang tersebar di sekitar danau. Jika ingin melihat Danau Sentani secara keseluruhan, wisatawan dapat menjelajah Bukit Teletubbies yang tak kalah indah. Setiap bulan Juni, ada Festival Danau Sentani yang diisi dengan tarian-tarian adat di atas perahu, tarian perang khas Papua, upacara adat seperti penobatan Ondoafi, dan sajian berbagai kuliner khas Papua.

  1. Danau Paniai, Surga Air Tawar nan Eksotis di Papua

Menjelajahi Pesona Keindahan Alam Papua
beritapapua.id – Menjelajahi Pesona Keindahan Alam Papua – HolaMigo

Pernah dinobatkan sebagai danau terindah dalam Konferensi Danau Seluruh Dunia di India pada tahun 2007. Dibalik keindahan alamnya, danau ini merumahi aneka jenis ikan air tawar dan udang. Salah satunya adalah ikan pelangi yang unik dan langka.