Menko PMK Mengadakan Kunjungan Kerja Ke Papua
Beritapapua.id - Menko PMK Mengadakan Kunjungan Kerja Ke Papua - Jubi

Menko PMK Mengadakan Kunjungan Kerja Ke Papua –¬†Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) bersamaan dengan rombongan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Papua. Kunjungan tersebut dalam rangka mengkonsolidasikan tiga hal penting di Papua. Tiga hal penting tersebut adalah menganai penanganan Covid-19, kemudian bantuan sosial (bansos) dan terkait sekolah atau pendidikan.

“Bansos di Papua unik, tidak bisa dilakukan melalui bank, karena ada permasalahan di lokasi. Untuk itu akan dibantu oleh PT Pos Indonesia, sebab pemerintah akan menyiapkan lagi bansos penyaluran 2021,” kata Menteri Muhadjir di Jayapura, Selasa (24/11/2020).

Muhadjir juga menjelaskan bantuan sosial (bansos) di Papua tak seluruhnya dapat disalurkan melalui perbankan. Untuk itu, PT Pos Indonesia telah memberikan dukungan dan ke depan akan diarahkan langsung. Maka pihaknya akan mengecek apakah targetnya sudah terpenuhi.

Menurutnya, penyaluran bantuan bansos dari pusat di Papua belum tersalurkan 100 persen kepada masyarakat terdampak yang membutuhkan. Hal itu diketahui akibat terkendala akses dan transportasi. Maka dari itu, mekanisme salur bansos di Papua akan segera disesuaikan sehingga bantuan segera dapat diterima masyarakat.

Selain itu, Muhadjir juga menjelaskan mengenai sekolah agar dapat segera aktif, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Khususnya yang berada di wilayah berzona hijau, sehubungan dengan keterbatasan sinyal komunikasi di Papua.

Baca Juga: Edhy Prabowo Meminta Maaf Setelah Dinyatakan Sebagai Tersangka

Kunjungan Menko PMK Ke Berbagai Daerah Di Papua

Menko PMK Mengadakan Kunjungan Kerja Ke Papua
Beritapapua.id – Menko PMK Mengadakan Kunjungan Kerja Ke Papua – Detik

Dalam kunjungannya, Muhadjir melihat kesiapan RSUD Dok II sebagai rumah sakit rujukan PON XX, sekaligus rumah sakit rujukan Covid-19. Mulai dari mengecek sejumlah fasilitas dan kelengkapan di rumah sakit yang dikelola oleh pemerintah Provinsi Papua itu.

“Rumah Sakit Dok II sudah bagus, tapi belum punya PCR. Ini lucu, rumah sakit rujukan tidak miliki PCR. Desember nanti akan datang sumbangan PCR dari direktur, supaya jika ada kasus bisa cepat ditangani,” katanya.

Setelah itu, meninjau penyaluran sembako dan PKH melalui e-warong di Bhayangkara Kota Jayapura dan melihat Pelaksanaan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) di rumah warga.

Pada Rabu (25/11) Menko PMK dan rombongan akan meninjau penyaluran bahan pokok dan PKH di e-warong Perbatasan Skouw serta menyerahkan bantuan secara simbolis di PLBN Skouw.

Selanjutnya, Menko PMK akan meninjau penyaluran dan penyerahan bantuan secara simbolis di Kantor Bupati Boven Digoel. Kemudian Menko PMK akan menghadiri acara peletakan batu pertama Kampus Terpadu Universitas Muhamadiyah Papua dan selanjutnya melakukan peninjauan Venue PON Stadion Lukas Enembe.