Mensos Luncurkan Dua Unit Kapal Fiberglass dan Motor Listrik di Papua
beritapapua.id - Menteri Sosial, Tri Rismaharini saat meluncurkan Kapal Fiberglass-Motor Listrik Kerja Sama Uncen dan ITS. (Foto: Suara)

Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini meluncurkan dua unit kapal fiberglass dan dua unit motor listrik di Kantor Distrik Navigasi. Peluncuran ini berlangsung di Kota Jayapura, Papua, Rabu (23/3/2022).

Risma mengatakan, dua unit kapal fiberglass dan dua unit motor listrik adalah produksi Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Risma menyampaikan, dua kapal fiberglass untuk digunakan menjadi transportasi warga dan angkutan barang antar pulau.

Sedangkan dua motor listrik untuk angkutan barang di kawasan Pegunungan, terutama di Kabupaten Mamberamo dan Kabupaten Puncak Jaya.

Risma menceritakan, ide pembuatan kapal fiberglass ini berawal dari permintaan seorang anak di Mamberamo Raya, agar pemerintah pusat membantu kapal untuk alat transportasi warga.

“Tapi saya tidak ingin pembuatan kapal dari batang pohon. Tapi kemudian kami berpikir untuk merealisasikannya yakni kapal fiberglass,” terangnya.

Kemudian, jelas Risma, kondisi masyarakat di daerah pegunungan dengan infrastruktur jalan yang masih terbatas. Karenanya tercetuslah pembuatan motor listrik, yang sesuai dengan kondisi alam di Papua.

“Selain itu motor listrik juga dilengkapi fasilitas pengangkut, sehingga dapat memudahkan masyarakat untuk membawa barang,” ujar Risma.

Sementara itu, Rektor Uncen Jayapura Apolo Safanpo mengatakan peluncuran dua kapal dari enam buah kapal fiberglass, yang telah direncanakan.

Masih Dalam Tahap Uji Coba

Penyerahan dua kapal ini nantinya akan langsung kepada Pemda Mamberamo Raya. Hal ini demi untuk mendukung jasa angkutan orang dan barang bagi warga setempat.

“Sedangkan peluncuran dua motor listrik masih dalam tahap uji coba, untuk melihat kekurangan yang ada kemudian diperbaiki dan disesuaikan dengan kondisi pada daerah curam atau menanjak,” tukasnya.

Baca Juga: Pendidikan Indonesia di Mata Dunia

Marius Kujiro, salah satu penerima bantuan kapal fiberglass menyampaikan terima kasih kepada Mensos, yang telah memberikan kapal fiberglas.

Marius mengatakan, pihaknya telah menerima sertifikat kelaikan kapal dan surat izin pengoperasian kapal baik di laut atau di sungai dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Menurutnya, pihaknya akan membawa dua kapal fiberglass ke Mamberamo Raya, untuk dioperasikan.

“Jika pemerintah memberikan kami subsidi silang, maka kapal fiberglass ini kami akan gunakan untuk mengantar anak sekolah secara gratis, beli masyarakat punya kebutuhan, seperti sagu, ikan, emas dan lain-lain,” pungkasnya.