Menteri Agama Positif Terinfeksi Covid-19
Beritapapua.id - Menteri Agama Positif Terinfeksi Covid-19 - Pikiran Rakyat

Menteri Agama Positif Terinfeksi Covid-19 – Menteri Agama Fachrul Razi terkonfirmasi positif covid-19. Meski begitu, saat ini kondisi Fachrul sudah membaik.

“Pada 17 September, Menag melakukan tes swab dan hasilnya positif. Namun alhamdulillah kondisi fisik beliau hingga saat ini terpantau baik, tidak ada gejala-gejala mengkhawatirkan,” terang Staf Khusus Menteri Agama, Kevin Haikal, Senin (21/9).

Saat ini, Fachrul tengah menjalani isolasi mandiri untuk memulihkan kesehatannya.

“Meskipun dalam kondisi yang baik, saat ini Menag tengah menjalani proses isolasi dan istirahat. Ini bagian dari wujud komitmen beliau dalam menaati peraturan protokol kesehatan dan memutus mata rantai kemungkinan penyebaran. Kami mohon doa dari masyarakat, semoga prosesnya berjalan lancar serta Menag bisa lekas sembuh, semoga hasil swab berikutnya negatif, sehingga Menag dapat menjalankan tugas-tugasnya kembali,” lanjutnya.

Dengan positifnya Menag, maka pelaksanaan tugas birokrasi Menag akan didelegasikan kepada Wakil Menteri Agama.

“Pelaksanaan program Kemenag, utamanya dalam ikut mencegah penyebaran Covid-19 di lembaga pendidikan agama dan keagamaan serta lembaga keagamaan menjadi perhatian Menag. Beliau minta agar itu berjalan dengan baik. Bantuan yang disalurkan juga agar tepat sasaran dan akuntabel,” ujar Oman Fathurahman , Juru Bicara Kementerian Agama.

Oman menambahkan bahwa Menag mengimbau masyarakat agar selalu disiplin dalam penerapan protokol kesehatan.

“Siapa pun bisa terkena COVID-19 ini, tidak ada kecuali, mari kita saling berempati, saling menguatkan, dan berikhtiar dengan mematuhi protokol kesehatan. Semoga pandemi ini bisa segera teratasi,” sebut Oman.

Baca Juga: Bahlil Lahadalia, Kisah Sukses Pria Yang Besar di Papua

Menteri Yang Positif Covid-19

Sebelum Menag, tercatat ada dua Menteri lain yang pernah terjangkit covid-19.

Yang pertama adalah Menteri Perhubungan Budi Karya, yang terkonfirmasi covid-19 pada Maret silam. Kondisi Budi bahkan sempat kritis dan hanya bisa terbaring di rumah sakit. Untuk saat ini Budi telah sembuh dan kembali menjalankan aktivitas nya sebagai Menteri Perhubungan.

Selanjutnya adalah Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo. Pihak Istana sendiri tidak pernah mengumumkan kasus positif Edhy. Konfirmasi positif justru datang dari Wakil Ketua Komisi IV DPR Daniel Johan. Juru Bicara Khusus Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad juga turut membenarkan bahwa Edhy terparar covid-19.

Menurut Dasco, Edhy Prabowo sempat dirawat di Intensive Care Unit (ICU) Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto. Namun belakangan kondisinya sudah berangsur membaik.