Merauke Belum Terlihat Menggaungkan Perhelatan PON XX
beritapapua.id - Anggota DPRD Merauke, Kosmas Yem, saat berdiskusi dengan Bupati Merauke, Romanus Mbaraka (foto : jubi)

Merauke menjadi salah satu yang akan menjadi tuan rumah dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, namun sampai sekarang belum ada tanda-tanda PON XX tergema di Merauke.

Hal ini seperti yang Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke, Kosmas Yem sampaikan. Ia menilai PON XX yang nantinya akan terlaksana pada empat kabupaten/kota di Papua, Oktober mendatang, belum menggema sama sekali di Merauke, yang notabene akan menjadi salah satu klaster penyelenggaraan PON.

Merauke sendiri akan menjadi tuan rumah untuk enam cabang olahraga dalam gelaran PON XX mendatang.

“Kita tahu bersama bahwa untuk Merauke ada enam cabang olahraga (cabor) yang akan dilaksanakan. Namus sayangnya, hingga sekarang landai-landai saja,” ujarnya, Kamis (10/6/2021).

Ia juga mengatakan bahwa seharusnya panitia Sub Daerah (Subda) PON sudah harus menggaungkan PON XX sejak saat ini.

“Fakta yang saya lihat, memang masih landai saja, dan sepertinya tak ada tanda-tanda untuk digemakan,” ujarnya.

Perhelatan PON XX Hanya Terdengar di Dalam Kota dan Sekitarnya

Menurutnya, memang ada beberapa kali situasi terkait pengumuman tentang perhelatan. Namun itu semua hanya terjadi dalam kota dan sekitarnya. Dan untuk daerah di kampung-kampung terlihat belum ada yang mengaungkan perhelatan PON XX. Itu kenapa masyarakat pasti tidak mengetahui kapan perhelatan PON XX Papua akan terlaksana.

Baca Juga : Persipura Kembali Coret Pemain Mudanya Saat TC di Jakarta

“Saya sendiri tidak tahu alasan apa sehingga PON belum digaungkan. Apakah karena dukungan anggaran tak memadai atau ada persoalan lain,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Kosmas juga meminta kepada panitia Subda PON Merauke agar melibatkan orang asli Papua (OAP) menjelang hingga pelaksanaan PON. Misalnya dalam kepanitiaan maupun peran mereka dalam memamerkan hasil kerajinannya.

“Ini sangat penting agar ada warna, karena pelaksanaan PON dilaksanakan di Tanah Papua. OAP tidak boleh hanya menjadi penonton,” pintanya.

Sementara itu, Sekretaris Subda PON Kabupaten Merauke, Thobias Walong, mengatakan pihaknya terus bekerja untuk mensosialisasikan melalui media cetak maupu elektronik, termasuk pemasangan baliho untuk menggaungkan PON XX.

Dan ia juga berkomitmen untuk bisa mensuksekan berjalan PON XX di Kabupaten Merauke yang menjadi tun rumah dari enam cabang olahraga.