Meriahkan Gebyar PON XX, PB PON Hadirkan Musisi Papan Atas
beritapapua.id - penononton padati Gebyar Pon XX (foto : jubi)

Dalam upaya mempromosikan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, Panitia Besar (PB) PON akan menggelar sebuah event akbar Gebyar PON XX. Event ini juga nantinya akan menghadirkan musisi papan atas ibukota maupun 35 musisi lokal. Gebyar PON XX ini juga akan bertempat di Halaman Kantor Gubernur Provinsi Papua, Kota Jayapura, Sabtu (19/06/21).

Kotak dan Ras Muhamad serta 35 band dan penyanyi lokal Kota Jayapura akan ikut memeriahkan Gebyar PON XX. Serta nantinya juga akan menghadirkan pagelaran seni dan budaya Papua.

Panitia telah menyiapkan pengamanan ketat dan akan membatasi jumlah pengunjung karena mempertimbangkan situasi pandemi Covid-19.

Ketua Panita Gebyar PON XX, Otniel Deda juga menuturkan akan ada keterbatasan untuk pengunjung yang ingin hadir pada event tersebut. Ia juga meminta maaf agar masyarakat dapat mengerti dengan siatusi yang ada karena keterbatasan tersebut.

“Kami mohon maaf kepada masyarakat atas keterbatasan pengunjung dan masyarakat pada gebyar PON XX ini. Kemungkinan kami akan membatasi jumlah pengunjung” ujar, Kamis (17/6/21).

PB PON XX Mewajibkan Swab atau Rapid Test

Ia mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan untuk memastikan perizinan terlaksananya event tersebut. Selain itu, ia juga mewajibkan pengunjung yang akan hadir dan pihak yang terlibat agar menjalani tes swab atau rapid.

“Protokoler menjadi salah satu syarat untuk kita melakukan kegiatan, dan kita taat akan melaksanakan swab atau rapid test dari panitia dan yang akan mengisi acara dan teman-teman EO dari Jakarta,” jelasnya.

Baca Juga : 24 Pelajar OAP Terima Beasiswa Untuk Studi di Amerika

Gebyar PON XX tersebut ada karena ini juga upaya untuk mengkampanyekan Papua sebagai tuan rumah PON XX. Di mana Papua mengklaim telah siap menggelar iven PON XX di 4 klaster penyelenggara (Kota dan Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke).

“Kegiatan ini untuk mensosialisasikan kesiapan tuan rumah dan kesiapan di 4 klaster dan juga kesiapan dari sisi penyelenggara dan juga mengkampanyekan PON XX. Dan kami sangat siap menyambut kontingen seluruh provinsi yang akan menghadiri PON yang akan berlangsung di Tanah Papua,” kata Deda.

Gebyar PON XX akan dikemas dengan sebegitu menarik. Selain menghadirkan band Kotak dan Ras Muhamad, mereka juga akan menampilkan pagelaran seni budaya masyarakat adat di Bumi Cenderawasih dan Nusantara.

“Akan ada juga festival budaya masyarakat adat Papua dan Nusantara dan hiburan artis lokal dan kami himpun dari adat lain sehingga dikemas dengan adat tarian Nusantara dan kami libatkan sanggar-sanggar di Kota Jayapura dari masyarakat adat Kota Jayapura,” bebernya.

Puncak acara Gebyar PON XX akan ditutup dengan pelepasan lampion dan pesta kembang api di langit Jayapura.