Mimika Siapkan Rumah Sakit Darurat Covid-19
Beritapapua.id - Mimika Siapkan Rumah Sakit Darurat Covid-19 - Seputar Papua

Mimika Siapkan Rumah Sakit Darurat Covid-19 – Semakin bertambahnya pasien Covid-19 di Kabupaten Mimika, membuat Pemkab setempat semakin gencar untuk menyelesaikan renovasi Rusun Wisma Atlet di Kelurahan Timika Jaya SP2 Timika untuk dialihfungsikan sebagai rumah sakit darurat penanganan pasien Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Mimika Reynold Ubra menjelaskan bahwa RSUD Mimika dan RSMM Timika sudah tidak sanggup lagi menampung seluruh pasien Covid-19.

“Kami masih harus menyelesaikan jaringan listrik dan air bersih. Setelah itu kami akan menyiapkan tempatnya agar fasilitas tersebut layak dijadikan rumah sakit darurat untuk penanganan pasien Covid-19,” kata Reynold, Kamis (15/10), seperti yang dikutip dari Antara.

Dinas Kesehatan Mimika memperkirakan bahwa masih terdapat sekitar 3000 pasien covid-19 di tengah masyarakat yang masih belum terdeteksi. Fasilitas Rusun Wisma Atlet SP2 Timika nantinya akan menampung pasien tidak berisiko tinggi. Yang sementara ini menjalani perawatan baik pada RSUD Mimika maupun RSMM Timika.

“Pasien yang masih membutuhkan perawatan serius akan dirawat di lantai satu, sementara pasien dengan gejala ringan akan ditempatkan di lantai dua. RS darurat ini bisa menampung sekitar 40 pasien,” ujar Reynold.

Baca Juga: Benny Tjokrosaputro Dituntut Penjara Seumur Hidup

Beban Rumah Sakit Mimika Sudah Sangat Berat

Reynold mengatakan bahwa beban kerja RSUD Mimika dan RSMM Timika sudah sangat berat,baik dari sisi tenaga kesehatan, ketersediaan kamar perawatan, dan juga obat-obatan.

“Dengan membludaknya pasien yang sekarang ini dirawat di rumah sakit, tentu mereka kewalahan baik dari sisi tenaga, peralatan maupun obat-obatan. Ini memang menjadi masalah serius karena setiap hari orang yang terpapar Covid-19 terus bertambah. Semua itu terjadi karena warga kita sangat tidak disiplin, lalu menganggap remeh soal penyakit ini. Bahkan ada orang yang hingga hari ini masih tidak percaya adanya penyakit ini,” tutur Reynold.

Posko Kesehatan Tim Gugus Tugas Covid-19 Mimika mencatat penambahan kasus baru di Distrik Mimika Baru sebanyak 29 kasus. Lalu, Distrik Wania tercatat penambahan 9 kasus, dan Distrik Tembagapura dan Kuala Kencana masing-masing 5 kasus. Sementara pasien sembuh hingga Kamis (15/10) sebanyak 14 orang. Sehingga secara keseluruhan jumlah pasien yang telah sembuh dari Covid-19 sudah mencapai 1.462 orang.