Mobil Mewah Jakarta Jadi Taksi di Pedalaman Papua
Mobil Mewah Jakarta Jadi Taksi di Pedalaman Papua

Mobil Mewah Jakarta Jadi Taksi di Pedalaman Papua – Jika Anda merupakan penduduk kota besar, Anda lazim melihat mobil-mobil mewah. Sebut beberapa mobil Toyota Hilux, Mitsubishi Strada, Ford Ranger, atau Mitsubishi Pajero. Itu adalah sederet merek mobil bergengsi yang biasa orang ibu kota pakai.

Namun, tahu kah Anda? Mobil-mobil tersebut jadi taksi di pedalaman Papua. Berbeda dengan jalanan ibu kota, medan jalanan pedalaman papua sangat ekstrem. Ada kalanya mobil harus menanjak jalan yang curam. Kemudian, mobil akan berhadapan dengan lumpur atau jalan bebatuan.

Tak ayal, jika moda transportasi mereka membutuhkan fasilitas khusus. Masyarakat setempat menyebut moda transportasi ini dengan sebutan ‘taksi’. Menurut Peneliti Balai Arkeologi Papua, Hari Suroto, ada 3 jenis taksi bagi orang Papua.

Pertama, taksi kota. Biasanya, masyarakat menggunakan mobil pickup untuk mengantar orang dan barang. Jenis mobil seperti Suzuki Carry dan Mitsubishi Colt T120ss sudah jadi barang biasa untuk menjadi taksi.

Kedua, taksi pedesaan. Tak jauh beda dengan perkotaan, tipe mobil yang mereka gunakan serupa. Bedanya, mungkin terletak pada rutenya saja. Namun, yang menjadi sorotan adalah taksi pedalaman.

Taksi pedalaman membutuhkan moda transportasi yang tangguh melawan segala tantangan jalanan.

Ketika Kebutuhan Terbentur Fasilitas

Baca juga: Hafal Alquran Dulu? Atau Belajar Ilmu Islam?

Ada beberapa faktor yang menjelaskan mengapa mereka memerlukan mobil mewah tersebut. Salah satunya perihal tantangan medan yang mereka lalui. Selain itu, Hari menjelaskan faktor lainnya.

Yakni, ketangguhan mobil tersebut mampu memudahkan keperluan masyarakat. Jumlah taksi yang sedikit membuat masyarakat menjadi sulit. Namun, jika taksi ini kuat mengangkut beban besar serta menerjang medan berat, maka hal ini sangat membantu.

“Jumlah taksi yang tersedia di pegunungan Papua tidak sebanding dengan permintaan. Akibatnya, para penumpang memaksa tetap diangkut walaupun daya tampung kendaraan melebihi kapasitas dan meningkatkan risiko kecelakaan di jalan,” papar Hari, mengutip Tempo (10/02/2021).

Mobil Mewah Jakarta Menjadi Taksi

Kondisi jalanan Papua masih tergolong ekstrem. Jalan berbatu, terjal, bahkan sebagian rute perlu melintasi pegunungan. Untuk mencapai suatu wilayah, memerlukan waktu berjam-jam. Sedangkan, masyarakat memerlukan hasil bumi dari kabupaten atau wilayah lainnya.

Dengan demikian, tak ayal mereka memerlukan kendaraan dengan fasilitas yang memadai. Fenomena ini mobil mewah yang menjadi taksi ini terdapat pada wilayah Dogiyai, Deyai, Paniai, dan Nabire, Papua.

Tarif taksi ini pun sesuai dengan fasilitasnya. Kisaran harga tergantung dengan muatan dan jarak, yakni berkisar dari 350 ribu hingga 5 juta rupiah. Misalnya, tarif per orang biasanya 300 hingga 600 ribu sesuai jarak tempuh. Untuk menyewa mobil, maka tarifnya lebih mahal yakni mencapai 1,5 juta.

Contohnya, perjalanan dari Kabupaten Nabire ke Kabupaten Dogiyai memerlukan biaya 1,5 juta untuk satu kali pengantaran. Biasanya, lama perjalanan mencapai 6 – 7 jam. Berbeda dengan perjalanan dari Kabupaten Nabire ke Kabupaten Paniai. Harganya lebih tinggi, yakni sebesar Rp 3,5 juta sejauh 250-an kilometer dengan waktu tempuh 10-12 jam.