Moeldoko: Pemerintah Terus Perhatikan Kesejahteraan Papua
beritapapua.id - Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) bertemu Kepala Staf Presiden Moeldoko. (Foto: Kantor Staf Presiden RI)

Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko memastikan pemerintah sangat serius memperhatikan kesejahteraan di Bumi Cenderawasih, Papua.

Hal ini disampaikan Moeldoko dalam acara media briefing bertajuk ‘Kondisi Keamanan Terkini di Papua’ di Hotel The Westin Jakarta, Kamis (21/7).

“Pemerintah terus bersungguh-sungguh memperhatikan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat di wilayah Papua,” kata Moeldoko.

“Buktinya apa? Lihat Inpres Nomor 9 Tahun 2020 tentang percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua dan Papua Barat dan dikomandani oleh Wakil Presiden langsung,” kata Moeldoko.

Bukti lain pemerintah memperhatikan Papua, menurut Moeldoko, adalah UU Nomor 2 Tahun 2021 tentang Otonomi Khusus Papua.

Baca Juga: Menko Marves: RI Akan Jadi Produsen Baterai Lithium Terbesar Dunia

UU itu menekankan peningkatan dana Otsus, perbaikan tata kelola, peningkatan partisipasi masyarakat adat dan juga perempuan.

Eks Panglima TNI itu mengatakan, saat ini tiga Daerah Otonomi Baru (DOB), yaitu Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan. Pembentukan tiga DOB itu dalam rangka mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat.

“Warga masyarakat umum dan Nduga pada dasarnya menginginkan kehidupan yang damai dan sejahtera, tidak ingin dilibatkan dalam aksi kejahatan bersenjata mereka, mendapat laporan dari beberapa bupati yang hadir, bahasanya sama,” ungkap Moeldoko.

Lebih lanjut, Moeldoko mengimbau kepada masyarakat untuk tidak terprovokasi terhadap isu SARA yang dikembangkan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB).

“Kita berharap agar bisa beraktivitas seperti sediakala,” tandas Moeldoko.