Muaythai Papua Berhasil Sumbangkan 6 Emas, 4 Perak, dan 3 Perunggu
beritapapua.id - Pengalungan medali emas kepada atlet Muaythai Papua, Jackson Karmela. (foto: Jubi)

Partai final Muaythai Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua berlangsung di Gedung Olahraga STT GIDI Sentani, Kabupaten Jayapura, Minggu (3/10/2021).

Dari 24 pertandingan yang berlangsung tim Muaythai Papua berhasil menyumbangkan 6 medali emas, 4 perak dan 3 perunggu. Hasil ini tim Muaythai Papua dapatkan dari kelas laga putra dan putri serta kelas wikru putra dan putri.

Masing-masing nama atlet yang berhasil menorehkan medali emas yaitu, Muhammad Bayan Hamid di kelas 45 kg, Flourey Wikari di kelas 48 kg putri, Jackson Karmela di kelas 57 kg putra, Lambert Yaresitouw kelas 60 kg putra, Aulia Wardani di kelas 57 kg putri, dan Tiara Lael Manonggang di kelas (waik kru putri).

Medali perak dari atlet Muhammad Yul Alijah (waikru putra), Abdurahman di kelas 48 kg putra, Rahmat Risal Gosali di kelas 63,5 kg, dan Paula Renade Saruke di 51 kg putrid.

Sementara medali perunggu peroleh oleh Yael Awom di kelas 43 kg putri, Muhammad Hanafi 75 kg putra, dan Oskar Piuw 67 kg putra.

Torehan Medali Melampui Target

Pelatih kepala Muaythai Papua, Dommy Ayorbaba, mengaku bangga dan senang atas prestasi torehan anak asuhnya di PON XX kali ini. Karena porolehan medali yang anak asuhnya dapatkan bisa melampui target yang ada.

Ia juga menyampaikan terimakasih atas dukungan semua pihak, terutama pimpinan cabor Muaythai yang selalu memberikan dukungan penuh terhadap keberhasilan tim. Hal ini karena sejak awal pimpinan cabor telah memberikan tempat dan fasilitas pendukung bagi para atlet.

Baca Juga: Keluarga Abock Busup Menolak Rencana Autopsi Polisi

“Puji Tuhan, semua berjalan sesuai rencana dan mendapatkan hasil yang yang juga melampaui target yang ditetapkan. Terima kasih kepada semua atlet dan official, pimpinan cabor Muaythai Papua, pemerintah daerah, dan tentunya seluruh masyarakat Papua yang senantiasa turut mendoakan kami dalam proses pertandingan babak penyisihan, semi final, hingga meraih medali emas, perak, dan perunggu. Semua ini untuk kemuliaan nama Tuhan tetapi juga kepada Tanah Papua yang kita cintai bersama,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu atlet peraih emas di kelas 57 kg putrid, Aulia Wardani, menyampaikan bahwa kemenangan terbesar bisa terjadi atas kehendak Tuhan Yang Maha Esa, dan semua dukungan dari masyarakat Papua.

“Tidak menyangka, kalau hasil akhir seperti ini. Bangga dan terharu, bisa mendapatakan hasil terbaik dan ini semua untuk tanah tercinta Papua. Terima kasih kepada Tuhan, keluarga, dan semua kerabat. Semoga hal ini menjadi motivasi serta langkah terbaik bagi karier tetapi prestasi di bidang olahraga Muaythai Papua,” pungkasnya.