Munarman: Laskar FPI Tidak Dibekali Senjata Api
Beritapapua.id - Munarman: Laskar FPI Tidak Dibekali Senjata Api - Islam Today

Munarman: Laskar FPI Tidak Dibekali Senjata Api – Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) menegaskan bahwa laskar FPI yang tewas dalam baku tembak di tol Jakarta-Cikampek, tidak dibekali senjata api.

Munarman menyatakan hal ini untuk membantah keterangan pihak kepolisian, yang sebelumnya menyatakan bahwa pihak polisi terpaksa menembak laskar FPI karena para laskar tersebut memiliki senjata api dan senjata tajam.

“Fitnah besar kalau laskar kami disebut bawa senjata api, tembak-menembak, fitnah,” ujar Munarman, Senin (7/12), seperti yang dikutip dari tribunnews.

Munarman mengklaim kalau laskar FPI tidak terbiasa dengan senjata api. Ia pun meminta pihak kepolisian untuk mengecek nomor registrasi kepemilikan senjata api tersebut.

“Laskar kami tidak pernah dibekali senjata api, kami terbiasa tangan kosong, kami bukan pengecut,” tegasnya.

“Jenis senjata api, semua tercatat cek saja. Kami tidak punya akses senjata api dan tidak mungkin beli dari pasar gelap,” tambah Munarman.

Senada dengan Munarman, politikus Gerindra, Fadli Zon, juga meyakini bahwa laskar FPI yang tewas tersebut tidak dibekali dengan senjata api. Lewat akun twitternya, @fadlizon, ia mengatakan bahwa pendukung Habib Rizieq adalah orang yang cinta damai. Ia pun meminta agar kasus ini diusut tuntas, karena menurutnya kejadian ini adalah abuse of power dari pihak kepolisian.

“Saya sangat yakin pendukung Habib Rizieq Shihab cinta damai dan tak dibekali senjata. Harus diusut tuntas. Jika berlebihan, maka polisi telah melakukan abuse of power. Kapolda harus bertanggung jawab,” tulisnya di akun twitternya, Selasa (8/12).

Baca Juga: KPU Papua Menunda Pelaksanaan Pilkada Kabupaten Boven Digoel

Polisi Ancam Pidana Munarman

Sementara itu, Polda Metro Jaya memberikan peringatan kepada Munarman terkait pernyataannya yang kontroversial tersebut. Pernyataan yang dimaksud adalah ketika Munarman mengatakan bahwa laskar FPI tidak pernah dibekali senjata api.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan bahwa Munarman tidak perlu berbohong, sebab menurutnya, polisi mempunyai bukti kuat. Yusri juga menambahkan bahwa saat ini pihak kepolisian sedang mengumpulkan keseluruhan barang bukti.

“Jangan mengeluarkan berita-berita bohong, itu bisa dipidana nanti,” kata Yusri, Selasa (8/12), seperti yang dikutip dari okezone.

“Saya pertegas di sini bahwa penyidik sudah kumpulkan bahwa senjata api kepemilikan pelaku yang melakukan penyerangan nanti, kami akan jelaskan lagi. Ini sedang dikumpulkan investigasi nanti akan disampaikan kalau sudah lengkap semuanya kepada seluruh teman-teman media yang ada,” tambahnya.

Selanjutnya, Yusri pun berjanji akan akan menyampaikan hasil investigasi polisi kepada publik.

Statement Munarman FPI tidak pernah membawa senjata api, bukti kepemilikan senjata sudah jelas bahwa si pelaku ini memiliki senjata itu. Buktinya ada, masih didalami semua, masih dilakukan penyelidikan. Pada saatnya akan kita sampaikan,” ujarnya.