Musisi Legendaris Charlie Daniels Telah Berpulang
beritapapua.id - Musisi Legendaris Charlie Daniels Telah Berpulang - lensabanyumas

Kabar duka datang dari legenda musik country internasional, Charlie Daniels dikabarkan meninggal dunia pada Senin, 6 Juli 2020. Daniels meninggal dunia di Summit Medical Center, Tennessee. Meninggal di usia 83 tahun, ia di kabarkan mengidap penyakit hemorrhagic stroke.

Berita tersebut membuat para pecinta musik country berduka, bahkan salah satu musisi Luke Bryan. Bryan merasa kehilangan karena sangat mengidolakan Daniels. Beruntung sebelum ajalnya menjemput, mereka sempat manggung bersama.

Daniels adalah seorang penyanyi, penulis lagu, dan multi-instrumentalis Amerika dikenal karena kontribusinya pada musik rock Selatan, pedesaan, dan bluegrass. Daniels aktif sebagai penyanyi dan musisi sejak 1950-an. Salah satu lagunya yang terbaik adalah ‘The Devil Went Down to Georgia’ pernah meraih Grammy pada tahun 1979.

Lewat karyanya tersebut Daniels juga mampu masuk Country Music Hall of Fame dan Musicians Hall of Fame. Selain itu, Charlie Daniels juga dikenal sebagai musisi yang berjiwa sosial tinggi. Ia rutin melakukan advokasi terkait para veteran militer melalui The Journey Home Project dan National Rifle Association (NRA).

Baca Juga: Gugus Tugas Nasional Ajak Papua Barat Konsumsi Makanan Bergizi

Perjalanan Karir Sang Legenda

Daniels lahir pada tanggal 28 Oktober 1936 di Wilmington, North Carolina. Setelah beranjak remaja ia pindah ke kota kecil Gulf, Chatham County, North Carolina. Lulus dari sekolah tinggi pada tahun 1955, Daniels sudah mahir dalam gitar, biola, banjo, dan mandolin, ia membentuk band rock ‘n’ roll.

Pada awal tahun 1970-an dia berada di puncak karir dan melakukan tur tanpa henti. Tak jarang melakukan 250 pertunjukan dalam setahun. Daniels pernah tampil di Gedung Putih, di Super Bowl, di seluruh Eropa dan seringkali untuk pasukan di Timur Tengah.

Pada tahun 1993, Daniels bekerja sama dengan pemain biola Mark O’Connor untuk merekam sekuel single Daniels 1979 berjudul “The Devil Came Back to Georgia”. Daniels memainkan biola bersama O’Connor, sementara Johnny Cash, Marty Stuart dan Travis Tritt menyanyikan liriknya. Lagu tersebut ada di album O’Connor Heroes.

Akhir tahun 1980-an dan 1990-an, beberapa album dan single Daniels menjadi hits di tangga lagu country, dan musik terus menerima pemutaran di stasiun-stasiun negara. Daniels merilis beberapa catatan Injil dan Kristen.