Namanya Dipakai untuk Penipuan, Inul Daratista Berikan Penjelasan
beritapapua.id - Namanya Dipakai untuk Penipuan, Inul Daratista Berikan Penjelasan - Grid.ID

Nama pedangdut Inul Daratista, digunakan oknum penipuan dengan modus meminta pinjaman uang. Kejadian tersebut membuat istri Adam Suseno ini geram, sampai memberi peringatan tegas. Inul mengatakan kejadian yang merugikan ini dari temannya, Yohanes. Oknum tersebut sempat menghubungi Yohanes dan mengaku dirinya Inul Daratista.

Penipu itu sempat chat panjang lebar dengan Yohanes. Ia juga meminjam uang sebesar Rp3,5 juta dan Rp7,2 juta untuk memberikan sumbangan. Mengetahui hal tersebut, Inul langsung murka dan mengatakan akan melaporkan pihak tak bertanggung jawab ini.

Dalam bukti chatting itu, pelaku mengaku sebagai sosok Inul dan meminta sejumlah uang kepada korban dengan dalih menyumbangkan ke panti jompo. Bahkan pelaku juga meminta uang untuk membayar mantan asisten rumah tangga.

Dalam penjelasannya, selama menginjakkan kaki di Jakarta Inul tidak pernah meminta atau meminjam uang kepada siapa pun. Walau dari awal kariernya Inul sempat dicekal karena goyangannya yang otomatis tidak ada pemasukan saat itu, ia tidak pernah ada kefikiran untuk meminta bantuan kepada sesama teman artis. Padahal ia harus membayar cicilan rumah dan mobil yang tidak sedikit.

Baca Juga: Tari Gatzi, Tarian Khas Suku Marlind di Papua

Inul Daratista, Merintis Karier dari Penyanyi Kampung Sampai Menjadi Populer di Ibu Kota

Inul Daratista memulai karier panggungnya sebagai penyanyi dangdut lewat acara-acara rakyat di daerah Pasuruan, Jawa Timur. Tanpa ia ketahui, aksi panggungnya diabadikan dalam sebuah rekaman video, yang lantas diperbanyak dan diedarkan dalam format VCD ke berbagai pelosok daerah.

Dari video tersebut Inul mulai dikenal banyak orang dan mengantarkan dirinya terjun ke dunia industri musik. Ia meluncurkan album perdana bertajuk “Goyang Inul” dengan lagu hits berjudul sama pada 2003. Album berisi 10 lagu ini menjadi yang terlaris di sepanjang perjalanan karier Inul. Ia mulai menikmati kesuksesan saat memasuki usia 24 tahun.

Walau begitu keputusan Inul yang ingin menjadi seorang penyanyi dangdut ditentang oleh orang tuanya, terutama sang ayah. Inul memahami alasan ayahnya berlaku demikian.

“Saya pikir bapak saya enggak mungkin setuju, sebagai imam juga di masjid, jadi enggak mungkin anterin anaknya jadi penyanyi dangdut. Sampai bapak saya meninggal, enggak pernah bapak saya mengantarkan saya nyanyi di atas panggung,” ujar Inul.

Pada tahun 2005, Inul bersama suaminya menjajal bisnis karaoke “Inul Vizta” dengan konsep “Karaoke Keluarga yang Trendy dan Selebizz”. Namun, bisnisnya terantuk masalah hak cipta. Meski kasus tersebut berhasil dimenangkan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada Juni 2008. Sampai sekarang bisnis karokenya masih berjalan baik walau sempat tutup sementara karena adanya wabah covid-19.