National Puppy Day di Amerika Serikat
National Puppy Day di Amerika Serikat. Credit: CrossCards

Ada satu perayaan yang lucu di Amerika Serikat yang diperingati setiap tanggal 23 Maret. National Puppy Day – perayaan hari anak anjing nasional. Pada hari itu, di media sosial netizen akan mengunggah foto-foto atau video anak anjing mereka yang lucu dengan menggunakan tagar #NationalPuppyDay.

Perayaan ini dimulai sejak tahun 2006, dan seluruh platform media sosial dipenuhi dengan video dan foto anjing-anjing mereka yang lucu. Seperti yang dilansir dari nationaltoday.com, hari anak anjing nasional diadakan untuk para penyayang anjing, agar bisa mengekspresikan cintanya kepada hewan berbulu yang lucu ini.

Latar Belakang National Puppy Day

Baca juga: Memberantas Prostitusi Anak yang Kian Mengkhawatirkan

Tujuan dari diadakannya hari perayaan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran manusia untuk memperlakukan anjing sebagai hewan peliharaan dengan penuh kasih. Edukasi lintas platform terus dilakukan mengenai adopsi hewan dan bahayanya industri penjualan anak anjing di Amerika Serikat.

Perayaan ini juga ingin mengingatkan pentingnya melakukan adopsi dari penampungan hewan, karena banyaknya hewan-hewan liar yang ditampung setiap tahunnya. Diperkirakan terdapat 3 juta anjing yang masuk ke dalam penampungan, karena dibuang oleh pemiliknya. Dan terkadang, anjing-anjing tersebut sedang mengandung.

Penampungan hewan di AS setiap tahunnya harus menerima sekitar 6,5 juta hewan peliharaan liar, yang terdiri dari anjing dan kucing. Hal ini membuat mereka kewalahan. Bahkan setiap tahunnya mereka harus menolak jutaan anjing dan kucing karena kapasitas dan kemampuan penampungan yang tidak sanggup untuk menerima hewan-hewan baru.

1,5 Juta Hewan Harus Dimatikan

Baca juga: Menganiaya Hewan, Hati-hati Bisa Dipidana Hukum

Banyaknya anjing dan kucing di penampungan-penampungan AS, mengakibatkan mereka harus melakukan eutanasia terhadap hewan-hewan tersebut akibat penyakit dan umur yang sudah tua. Sebanyak 1,5 anjing dan kucing harus dimatikan dengan cara disuntik setiap tahunnya.

Dari 6,5 juta hewan yang masuk ke penampungan, hanya setengahnya saja yang diadopsi oleh rumah tangga. Sebanyak 700 ribu anjing dan kucing harus dikembalikan ke pemiliknya, setelah masuk ke penampungan.

Minimnya minat adopsi karena puppy or cat mills – atau industri jual beli anak anjing dan kucing ini yang menjadi latar utama hari perayaan ini diadakan. Memelihara anjing dan kucing membutuhkan dedikasi. Banyak yang cenderung memelihara karena terpukau dengan kelucuan anjing dan kucing ketika masih anak-anak. Saat hewan-hewan ini sudah beranjak dewasa, banyak yang membuang atau menitipkan ke penampungan karena menurut mereka sudah tidak lucu lagi.