Netflix Kini Dapat Diakses di Jaringan Telkom Group
beritapapua.id - Netflix Kini Dapat Diakses di Jaringan Telkom Group - cosmopolitan

Setelah sebelumnya sempat mengalami pemblokiran pada jaringan Telkom Group selama hampir empat tahun sejak 2016. Kini media streaming digital Netflix yang menyajikan berbagai jenis Film dan Serial, sudah bisa diakses oleh pelanggan IndiHome, Telkomsel, dan wifi.id. Pembukaan akses konten-konten Netflix mulai Selasa, (7/7/2020) di jaringan TelkomGroup ini sontak menghembuskan kabar baik bagi para penikmatnya.

Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo menyampaikan bahwa Netflix telah menunjukkan komitmennya untuk serius dapat diterima masyarakat Indonesia. Melalui langkah-langkah pendekatan yang dilakukannya. Seperti memastikan ketersediaan sistem pembatasan akses atas tayangan sensitif dan ketidaksesuaian umur bagi pelanggan. Serta menyediakan mekanisme untuk penanganan keluhan pelanggan. Hal inilah yang mendukung Telkom hingga akhirnya memutuskan untuk memberi kesempatan pada pelanggan TelkomGroup untuk dapat mengakses beragam konten hiburannya.

Arif juga menambahkan, bahwa pihaknya juga telah mengimbau Netflix untuk terus mendukung pasar Indonesia lewat aneka tayangan bernuansa lokal, yaitu dengan cara memperbanyak tayangan produk konten lokal. Adapun bagi pelanggan IndiHome atau Telkomsel yang mugkin belum bisa mengakses Netflix, dihimbau untuk dapat bersabar. Sebab pembukaan akses dilakukan tidak serentak untuk semua pelanggan. Karena pembukaannya akan dilakukan secara bertahap, dalam kami struktur jaringan TelkomGroup.

Dilansir dari Kompas.com, Business Development Manager Netflix Indonesia, Tizar Patria menyambut dibukanya akses Netflix di jaringan Telkom. Sehingga masyarakat Indonesia dapat menikmati tayangan serial TV, dokumenter, serta film lokal dan internasional berkualitas dari Netflix di semua jaringan. Ia juga mengatakan bahwa puhaknya akan berupaya meningkatkan kualitas mereka kepada para penonton. Serta akan menambahkan lebih banyak film-film Indonesia di Netflix, meningkatkan pengalaman pengguna. Tizar menambahkan bahwa untuk kedepannya mereka juga akan mengembangkan kerja sama dengan mitra-mitra di Indonesia.

Baca Juga: Vicky Prasetyo Terancam Hukuman 4 Tahun Penjara

Pemberlakuan Nelflix di Indonesia

Selain itu diketahui Netflix juga telah menyepakati komitmen kepatuhan pada “Self Regulatory Code for Subscription Video on Demand Industry in ASEAN”. Yang mana didalam komitmen tersebut, pihaknya sepakat tidak menayangkan konten terlarang yang mengandung pornografi anak, terorisme, dan melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), serta konten yang mendiskreditkan kelompok masyarakat tertentu.

Pembukaan pemblokiran ini juga bersamaan dengan pemungutan pajak pertambahan nilai (PPN) 10% yang akan diberlakukan pada 1 Agustus 2020. Hal ini diberlakukan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 48 tahun 2020 tentang tata cara penunjukan pemungut, pemungutan dan penyetoran, serta pelaporan pajak PPN yang berlaku pada 1 Juli 2020. Adapun jumlah PPN yang harus dibayar pelanggan adalah 10% dari harga sebelum pajak. Kemudian akan diterbitkan pada resi atau kwitansi sebagai bukti pungut PPNnya. Untuk diketahui selama ini Netflix memang tidak menarik pajak PPN dari penggunanya di Indonesia.