NPC Papua Berhasil Raih Medali Emas di Cabor Renang Peparnas XVI
beritapapua.id - Lomba cabor para-renang Peparnas XVI hari kedua. (foto: Jubi)

Kontingen National Paralympic Committee (NPC) Papua berhasil meraih medali emas di cabang olahraga para renang Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI.

NPC Papua tersebut berhasil meraih total enam medali emas di hari pertama perlombaan Peparnas XVI. Pertandingan cabang olahraga ini berlangsung di venue Akuatik Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (8/11/21).

Agnes M Jowei atlet renang putri berhasil meraih medali pertama untuk Kontingen Papua di nomor 100 meter gaya bebas putri kelas S9. Agnes sendiri keluar sebagai pemenang setelah berhasil mencatatkan waktu 1:18.32 detik.

Selain Agnes, lima nama yang berhasil memberikan emas untuk Kontingen Papua adalah De Jhon Waromi nomor 100 meter gaya bebas putra S11-S12 dengan catatan waktu 1:09.51 detik, Andrew David Uada nomor 100 meter gaya bebas putra S13 dengan catatan waktu 1:01.35 detik, Marlanda Oropa nomor 100 meter gaya bebas putri S14 catatan waktu 1:14.06 detik, Elsaday Teddy Levin di nomor 50 meter gaya punggung putra kelas S9 dengan waktu 37.50 detik, dan Resti Imbarawai Sawaki nomor 50 meter gaya punggung putri kelas S10 dengan waktu 46.45 detik.

Torehan Medali Melebihi Target

Pelatih para renang Papua, Johan Karubaba, mengatakan bahwa torehan medali tersebut melebihi target di hari pertama perlombaan. Karena sebelumnya mereka hanya menargetkan lima medali emas di hari pertama.

“Di hari pertama ini kita hanya menargetkan lima medali emas. Tapi kita bisa dapat enam medali emas. Ini sudah hasil yang terbaik yang kita capai di hari pertama,” kata Johan.

Baca Juga: Sambut 33 Kontingen, PB Peparnas XVI Gelar Malam Baku Dapa

Sementara itu, atlet putra Da Jhon Waromi yang mendapatkan medali emas di nomor 100 meter gaya bebas kelas S12-S13 mengaku puas dan bersyukur atas raihannya itu. Ia mempersembahkan medali emasnya itu buat keluarga, teman-teman, dan pelatih.

“Saya bersyukur karena Tuhan bisa memberikan kekuatan sehingga saya bisa mendapatkan medali emas hari ini. Terima kasih kepada pelatih dan teman yang sudah memotivasi dan mendukung saya,” kata Da Jhon.

Kontingen Papua juga berhasil meraih satu medali perah di nomor 100 meter gaya bebas putra kelas S11-S12 atas nama Karel Yerisetouw (Papua).