Nusantara, Nama Ibu Kota Baru Indonesia
beritapapua.id - Ilustrasi seorang santri mencium bendera merah putih. (Foto: beritatagar)

Pemerintah sudah memutuskan nama Nusantara untuk Ibu Kota Negara (IKN) baru yang terletak di wilayah Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa mengatakan pemerintah sudah memutuskan memilih Nusantara menjadi nama Ibu Kota Negara baru. Nama tersebut juga dipilih langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada Jumat (14/1/2022), pekan lalu.

“Saya baru mendapatkan konfirmasi dan perintah langsung dari Bapak Presiden (Jokowi) itu pada hari Jumat lalu dan beliau mengatakan ibukota negara ini namanya Nusantara,” kata Suharso dalam rapat bersama Panitia Khusus (Pansus) RUU IKN, Senin (17/1/2022).

Suharso mengatakan bahwa ada alasan mengapa Nusantara yang menjadi nama IKN. Salah satu alasan yang membuat nama tersebut terpilih adalah keidentikannya dengan Indonesia. Di samping itu nama tersebut juga sudah sejak lama menjadi iconic dan melekat dengan Indonesia di mata internasional.

“Mudah dan menggambarkan kenusantaraan kita semua Republik Indonesia, dan saya kira kita semua setuju dengan istilah Nusantara itu,” beber Suharso.

Nama Yang Menjadi Konsep Kesatuan

Ia juga menjelaskan bahwa Nusantara adalah sebuah konseptualisasi atas wilayah geografi, di mana terdapat banyak pulau-pulau dan disatukan oleh lautan. Menurutnya nama tersebut sangat menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara maritim.

Dari situ pula, terungkap sebuah pengakuan kemajemukan geografis yang melandasi kemajemukan budaya etnis.

Baca Juga: Erupsi Gunung Api Bawah Laut, Tsunami Landa Pesisir Pantai Tonga

“Jadi Nusantara itu sebuah konsep kesatuan yang bersedia mengakomodasi kemajemukan itu dan Ibu Kota Indonesia dengan nama itu mengungkapkan realitas tadi,” tandas Suharso.

Suharso menjelaskan bahwa sebelumnya pemerintah telah meminta pertimbangan dari ahli bahasa dan ahli sejarah untuk memilih nama yang tepat untuk IKN baru.

Kemudian akhirnya terdapat 80 nama yang menjadi usulan untuk nama IKN baru, antara lain Negara Jaya, Nusantara Jaya, Nusa Karya, Pertiwipura, dan Cakrawalapura. Akhirnya dari sekitar 80 nama tersebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih nama Nusantara menjadi nama IKN baru.

“Tetapi kemudian akhirnya dipilih kata Nusantara tanpa kata jaya,” kata Suharso.

Terpilihnya nama tersebut menjadi nama Ibu Kota baru juga menjadi buah bibir di dunia maya pada, Senin malam. Banyak tanggapan dari netizen terkait nama baru tersebut.