Ormas Dilibatkan Amankan Ibadah Paskah Di Papua Barat
Ormas Dilibatkan Amankan Ibadah Paskah Di Papua Barat

Ormas Dilibatkan Amankan Ibadah Paskah Di Papua Barat – Polda Papua Barat berkolaborasi dan bersinergi dengan berberbagai elemen Organisasi kemasyarakatan di wilayah Provinsi Papua Barat. Hal ini dalam menjaga keamanan saat ibadah Paskah.

Seperti Dir Binmas Polda Papua Barat, Kombes Pol Bagiyo katakan usai menggelar pertemuan dengan 32 Organisasi kemasyarakatan. Pertemuan itu sendiri bertempat di Kafe Coisy di Taman Ria Wosi Manokwari pada Rabu (31/3/2021).

“Saudara–saudara dari Organisasi Kemasyarakatan merasa terpanggil untuk turut mengamankan hari Raya Paskah. Jadi, mereka berkumpul, berkonsolidasi untuk berpartisipasi dengan aparat dalam mengadakan pengamanan saat Ibadah Paskah di gereja–gereja,” ujar Kombes Pol Bagiyo.

Bagiyo menerangkan, 23 organisasi kemasyarakatan baik dari Provinsi maupun ditingkat Kabupaten yang turut berpartisipasi. Organisasi lintas keagamaan yaitu adalah Kristen, Islam, Hindu, Budah maupun Ormas yang berorientasi pada masalah – masalah sosial.

“Mereka (ormas) akan membantu Aparat Kepolisian dalam menjaga Keamanan saat ibadah, mereka juga akan berpartisipasi dalam mengatur arus transportasi masuk kedalam rumah halaman rumah ibadah, manata parkiran dan sebagainya, saat Ibadah Paskah,” jelasnya.

Langkah ini sebagai wujud kebhinekaan, kerukunan dan toleransi Umat beragama. Hal ini kaitannya dalam mengamankan event hari raya keagamanaan, baik islam, Kristen, Hindu, Budah dan yang lainnya.

“Keterlibatan Ormas ini untuk antisipasi aksi teror seperti yang terjadi di Makasar agar mereka yang mau lakukan aksi teror akan berpikir ulang bahwa kita sebenarnya adalah saudara sebangsa dan setanah air Indonesia,”jelasnya.

Organisasi Kemasyarakatan Ikut Serta Menjaga Keamanan Ibadah Paskah

Selanjutnya, Kombes Pol Bagiyo juga mengimbau kepada seluruh jajaran Polres di Wilayah Hakum Polda Papua Barat untuk melibatkan Organisasi kemasyarakatan untuk ikut serta berpartisipasi dalam menjaga keamanan saat pelaksanaan Ibadah Paskah pada Jumaat, 2 April hingga 4 April 2021 mendatang.

Baca Juga : Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Papua Selalu Abaikan Saran Dewan

Kami dari Polda akan menginstruksikan kepada masing–masing Kapolres untuk berkolaborasi dengan Ormas guna menciptakan keamanan saat Ibadah Paskah.

Kapolda sendiri, Kata Bagiyo telah membangun kordinasi dan komunikasi dengan tokoh–tokoh lintas keagamaan. Selain itu tokoh kemasyarakatan juga akan menjaga situasi tetap aman dan kondusif di Papua Barat.

Intinya, tidak ada tempat bagi terorist di negara ini. Masyarakat bersama aparat siap menjaga Keamanan,”tutupnya

Selanjutnya, Panglima Parlemen Jalanan Papua Barat, Ronald Mambieuw memberikan apresiasi kepada Kapolda Papua Barat. Karena Kapolda Papua barat telah membuka ruang untuk keterlibatan Ormas dalam menjaga Keamanan di Papua Barat.

Selama ini memang kami (Ormas) turut andil dalam menjaga keamanan di daerah, jadi langkah yang diambil oleh Bapak Kapolda melalui Dir Binmas sangat tepat.

Kami harapkan kegiatan ini bukan sebuah momentum semata, melainkan kedepan harus ada sinergitas antar ormas dan aparat guna menjaga situasi tetap aman dan Kondusif, harapnya.