Pahamify, Platform Pendidikan Seru dan Bermakna
beritapapua.id - Banner Pahamify. (dok. Pahamify)

Semakin berkembangnya teknologi banyak sekali paltfrom-platfrom untuk mempermudah setiap pekerjaan contohnya Platform edutech Pahamify berbasis pendidikan dan juga didukung oleh Kemkominfo dalam mendorong adopsi teknologi digital untuk pendidikan.

Salah satu hal yang dilakukan Pahamify adalah dengan menyelenggarakan webinar “Teknologi Digital untuk Pendidikan”, sebagai agenda Adopsi Teknologi Digital di Sektor Pendidikan yang dicanangkan oleh Direktor Ekonomi Digital Kemkomminfo RI.

Webinar ini mengangkat topik ‘Memanfaatkan Teknologi Digital untuk Pembelajaran Seru dan Bermakna” dan pada sesi dua membahas teknologi pendidikan untuk pembelajaran masa depan.

Sementara itu, Ketua Umum LPAI Seto Mulyadi menambahkan suasana yang diterapkan di rumah sangat berpengaruh terhadap proses belajar dan pemahaman anak.

“Harus diakui bahwa masa ini bukan masa yang mudah bagi anak, orang tua, maupun sekolah. Namun hal yang dapat dilakukan adalah menghadirkan suasana keluarga yang ramah anak dan materi pelajaran yang dikemas dengan cara kreatif dan menarik,” ungkapnya.

Baca Juga: PTM Diadakan, Sekolah Harus Penuhi 5 Daftar Periksa

“Anak-anak unggul adalah mereka yang mampu beradaptasi terhadap situasi ini. Oleh karena itu, penting untuk mengatur gaya belajar dan situasi belajar bagi anak. Bukan dengan tekanan, tapi dengan memadukan antara kemampuan kognitif dan kemampuan afektif yang merangsang kreativitas, sehingga pembelajaran menjadi lebih hidup,” lanjutnya.

Sebelumnya Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim telah mengeluarkan Surat Edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat COVID-19 yang tujuannya meringankan pelaksanaan pendidikan.

Meski begitu, berdasarkan laporan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, masih ada 13 persen anak-anak Indonesia yang mengalami depresi karena situasi yang penuh dengan keterbatasan saat ini.