Pakaian Adat Papua
Beritapapua.id - Pakaian Adat Papua Beserta Gambar dan Penjelasannya

Pakaian Adat Papua – Papua, salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki keunikan serta sisi etnik yang sangat memukau. Bukan hanya budayanya saja yang unik, namun pakaian adat Papua juga sangat menarik dan berbeda dengan yang lain.

Pakaian yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia bagian Timur ini bisa dibilang sangat mengagumkan. Bagaimana tidak, cara pembuatannya saja masih sangat sederhana dan terbuat dari bahan-bahan alami. Seperti yang sudah kita ketahui bersama Papua merupakan salah satu daerah yang sangat menjunjung tinggi akan nilai budayanya, tak terkecuali adalah pakaian adatnya. Berikut ini adalah beberapa pakaian adat dari Papua, yuk kita simak!

Baca juga: Mumi Papua, Budaya Suku Papua Yang Jarang Orang Ketahui

Pakaian Adat Papua Sali

Pakaian Adat Papua
Beritapapua.id – Pakaian Sali

Pakaian Sali, pakaian ini merupakan salah satu pakaian khusus yang digunakan untuk kaum wanita yang masih lajang atau belum menikah. Bahan dasar dari kain yang satu ini sangat unik, yakni dari kulit pohon. Warna nya juga tentunya mirip seperti warna kulit pohon pada umumnya, yakni warna coklat.

Pakaian Adat Papua Holim

Pakaian Adat Papua
Beritapapua.id – Pakaian Holim

Pakaian Holim, nama lain dari Holim ini adalah Koteka, pakaian khusus pria. Tentu sudah tidak asing lagi bukan? Koteka digunakan dengan cara diikat ke pinggang menggunakan seutas tali, sehingga posisinya akan mengacung ke atas. Untuk koteka yang digunakan pada acara adat, biasanya menggunakan koteka yang berukuran panjang dan juga memiliki ukiran dengan nilai etnis tersendiri. Koteka ini terbuat dari labu yang dikeringkan dan bagian dalamnya dibuang, sehingga mereka bisa menggunakannya atau mengukirnya sesuai dengan kebutuhan mereka.

Pakaian Yokal

Pakaian Adat Papua
Beritapapua.id – Pakaian Yokal

Pakaian Yokal, umumnya pakaian Yokal ini hanya terdapat di daerah Papua Barat. Pakaian yang satu ini adalah pakaian yang digunakan oleh kaum wanita yang sudah menikah. Selain itu, pakaian ini tidak diperjual belikan karena merupakan sebuah sombolis masyarakat Papua yang menggambarkan kedekatannya dengan alam.

Rok Rumbai

Pakaian Adat Papua
Beritapapua.id – Rok Rumbai

Rok Rumbai adalah pakaian yang paling umum untuk masyarakat Papua, dimana rok ini bukan hanya digunakan oleh kaum wanita tetapi digunakan juga oleh kaum pria. Biasanya rok rumbai dilengkapi dengan hiasan kepala seperti hiasan berupa ijuk, bulu burung kasuari, atau anyaman daun sagu.

Jika kalian ada kesempatan untuk mencobanya, jenis pakaian adat Papua mana yang bakal dipilih?