Pangdam Kasuari Tegaskan Sinergi Antara TNI dan Polri Jangan Sebatas Slogan
beritapapua.id - Pangdam XVIII Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema menyalami para perwira dan anggota Polres Teluk Wondama. (Foto: Antara)

Panglima Kodam XVIII Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema menegaskan sinergi antara TNI dan Polri jangan hanya sebatas slogan. Menurutnya sinergi antara TNI dan Porli harus diwujudkan dalam setiap tugas dan pelayanan setiap hari.

Hal ini ia ungkapkan saat kunjungannya ke Kabupaten Teluk Wondama untuk menutup kegiatan TMMD, Jumat (10/6/2022).

Pada kesempatan tersebut, Pangdam Kasuari bersama rombongan menyempatkan diri mengunjungi markas Polres Teluk Wondama.

Ia mengatakan sinergi TNI-Porli harus memiliki rasa saling memiliki dan saling menyayangi serta mendukung satu sama lain.

“Saya bersama Kapolda selalu mengatakan sinergi TNI-Polri bukan hanya terletak pada slogannya saja, tetapi lebih jauh daripada itu, ada rasa memiliki, ini yang paling penting. Arti sinergi TNI-Polri yaitu rasa saling memiliki, rasa saling menyayangi, saling berbagi dan mendukung,” ujar Jenderal TNI bintang dua tersebut, Jumat (10/6/2022).

Mayjen Gabriel mengaku memiliki hubungan khusus dengan institusi Polri, sebab mendiang ayahnya merupakan anggota Korps Bhayangkara dengan pangkat terakhir Ajun Inspektur Polisi Satu alias Aiptu.

“Saya jadi begini karena makan beras polisi. Saya anak polisi. Ayah saya meninggal dengan pangkat Aiptu,” ucap putra asli Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut.

Pesan dan Motivasi Dari Pangdam

Pangdam memotivasi personel Polres Wondama untuk terus semangat mengejar karier hingga ke level yang paling tinggi.

“Saya ini anak seorang polisi. Bapak saya saat pensiun pangkat Aiptu. Saya nomor delapan dari delapan bersaudara, anak bungsu. Anak-anak saya di Polres Wondama harus bisa lebih lagi,” ucapnya.

Baca Juga: Bidpropam Polda Papua Melaksanakan Pembinaan Etika Profesi Polri di Tiga Polres

Dia menyebut kunjungannya ke Mapolres Teluk Wondama merupakan bagian dari perwujudan sinergi TNI dan Polri.

Kapolres Teluk Wondama AKBP Yohanes Agustiandaru mengaku seluruh jajaran Polres Teluk Wondama merasa bahagia dan terhormat atas kunjungan orang nomor satu di jajaran Kodam Kasuari.

“Kami merasa sangat bahagia bisa dikunjungi oleh Bapak Pangdam. Kami merasa terhormat. Dan kami sampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya,” ucap Kapolres.

Selain menyambangi Mapolres Teluk Wondama, Pangdam Kasuari bersama rombongan juga berkunjung ke SD Inpres Wondamawi di Kampung Manopi, Distrik Wasior untuk memberikan bingkisan kepada para siswa.