Panglima TNI Serahkan Bantuan Tabung Oksigen Untuk Warga Papua
beritapapua.id - Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, menyumbangkan 50 tabung oksigen kepada warga Papua. (dok. Puspen TNI)

Dalam beberapa hari terakhir banyak rumah sakit di Papua kekurangan instalasi medis khususnya tabung oksigen. Hal ini adalah dampak dari lonjakan kasus Covid-19 yang kian hari terus meningkat.

Melihat kondisi yang ada Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, akhirnya menyumbangkan 50 tabung oksigen kepada warga Papua. Bantuan tersebut mendarat di base ops Lanud Silas Papare, Kamis (23/7/2021).

Selain puluhan tabung oksigen tersebut, ada juga 50 konsentrator, 1.000 APD dan 150.000 masker. Sumbangan ini merupakan wujud perhatian Mabes TNI agar pandemi Covid-19 di Papua bisa teratasi.

Komandan Danlanud Silas Papare, Marsma TNI Budhi Achmadi menyampaikan bahwa bantuan ini adalah wujud perhatian Mabes TNI kepada masyarakat Papua agar pandemi Covid-19 di Tanah Cendrawasih dapat diatasi.

Ia juga menjelaskan bantuan ini akan didistribusikan ke rumah sakit di Kota Jayapura dan Sentani.

“Seluruh bantuan ini nantinya akan didistribusikan ke Rumah Sakit yang ada di Jayapura, terutama untuk mendukung kekurangan kebutuhan khususnya di RSUD Dok 2 Jayapura dan RSUD Yowari Sentani,” ujar Danlanud.

Apalagi di Papua, berbagai ketersediaan instalasi medis sangat terbatas. Laporan dari Satgas Covid 19 Papua, sejak 17 Maret hingga 20 Juli kemarin tercatat lebih dari 30.000 pasien terkonfirmasi positif. Dan untuk saat ini masih ada lebih dari 5.000 pasien masih menerima perawatan di rumah sakit.

Kasus Covid-19 Melonjak, Rumah Sakit Harus Bekerja Ekstra

Kondisi ini memaksa rumah sakit bekerja ekstra keras, bahkan rumah sakit terpaksa menolak beberapa pasien karena alasan penuh. Hal ini menjadi tantangan dalam menekan laju penularan virus corona.

Baca Juga : Puluhan Nakes RSUD Nabire Positif Terpapar Covid-19

Menurutnya, hal ini merupakan tantangan bagi seluruh komponen bangsa untuk dapat bekerja keras dalam mengatasi penyebaran virus Covid-19 yang berada Indonesia.

Lebih lanjut, Danlanud menambahkan bahwa saat ini seluruh komponen bangsa sedang bekerja keras untuk mengatasi penyebaran virus Covid-19. Hal inilah yang menjadikan dasar TNI untuk berjuang bersama-sama bersama rakyat agar lepas dari pandemi.

Panglima TNI berharap bantuan ini bisa bermanfaat dengan baik untuk dapat menjaga dan melayani masyarakat Papua agar terhindar dari virus Covid-19.